islampos
Media islam generasi baru

Empat Keutamaan bagi Mereka yang Gemar Sedekah

Foto: Abu Umar/Islampos
0

SEDEKAH  merupakan salah satu amalan yang dapat berlipat ganda pahalanya. Sesuai dengan firman Allah Swt. bahwa Allah akan membalas sedekah kita dengan berlipat ganda.

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia hendaki, Dan Allah maha Luasa, Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah [2]: 261)

Ternyata selain mendapatkan balasan berlipat ganda, Rasulullah pun pernah berkata bahwa sedekah mempunyai empat keutamaan, yaitu :

1. Sedekah mengundang datangnya rezeki. Semakin, banyak kita mengeluarkan sedekah, maka semakin pula banyak rezeki yang kita dapatkan. Hanya karena banyaknya perbuatan dosa dan maksiat kita, mungkin, yang menyebabkan fadilah sedekah ‘berbunyi’ untuk menghapuskan maksiat dan dosa. Bukan mendatangkan uang yang lebih banyak. Tapi biarlah, ‘enggak apa-apa’. Bukankah penghapusan dosa pun sudah merupakan rezeki yang teramat besar? Dan lagi, layaknya seorang abdi Allah, apapun yang kita lakukan, termasuk sedekah ini, adalah dalam rangka untuk merengkuh ridhaNya, bukan sekedar untuk mendatangkan lagi rezeki yang lebih banyak.

2. Sedekah menyembuhkan penyakit. Saudara, orang lebih suka membeli obat ketika sakit. Padahal kata Rasul, sedekah itu bisa menyembuhkan penyakit. Jadi, kenapa kita terus membeli obat, kenapa kita tidak beli saja penyakitnya? Yaitu dengan mengeluarkan sedekah sebanyak-banyaknya. Bersedekah untuk menggapai ridhaNya. Insya Allah, di antara dampaknya adalah kesembuhan bagi penyakit yang kita rasakan.

3. Sedekah menghilangkan kesulitan dan menghilangkan musibah. Rasulullah pernah bersabda, jika seseorang kepengen betul dihilangkan kesulitannya, maka dia harus membantu mereka yang lebih susah, lebih menderita dan lebih bermasalah. Dan bersedekah adalah salah satu cara utama membantu orang lain.

4. Sedekah memanjangkan umur. Dengan bersedekah, hidup dan kehidupan sudah mengundang datangnya kebaikan. Semakin banyak kebikan yang datang, semakin penuh diri ini dengan kebaikan. Dan kehidupan yang berisi kebaikan adalah menjadikan hidup itu sendiri menjadi lebih berkualitas.

Lalu apa lagi yang kita tunggu? Bersegeralah dalam kebaikan. Dengan mengetahui keutamaan-keutaman sedekah tersebut, semoga semakin membuat kita bersemangat dalam bersedekah. []

Sumber : Mencari Tuhan yang Hilang/Ust. Yusuf Mansur/Zikrul Media Intelektual

loading...
loading...