ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Diduga Data Pelanggan Seluler Bocor, DPR Pertanyakan Tanggung Jawab Pemerintah dan Operator

0

Advertisements

JAKARTA—Terkait dugaan bocornya sejumlah data pelanggan seluler langsung ditanggapi oleh Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Junico BP Siahaan.

Junico mempertanyakan upaya pemerintah dan operator seluler, seperti Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata, dalam menjaga keamanan data pribadi masyarakat.

“Seperti yang tadi sudah disampaikan Pak Menteri mengenai data yang sebenarnya tidak ada kebocoran, hal ini harus dicari tahu sumber permasalahannya. Jika memang tidak terjadi kebocoran, lalu kenapa bisa terjadi seperti ini? Kita harus bersama-sama untuk menyelesaikan permasalahan ini,” ujar Junico, pada Senin (19/3/2018) kemarin.

Menurutnya, saat ini sudah ada payung hukum terkait data pribadi masyarakat jika terjadi permasalahan, misalnya dengan kebocoran data, yakni Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Related Posts
1 of 3

“Apa yang sudah dilakukan operator sejauh ini, mengingat hal ini ada payung hukumnya yang jelas dan ada tindakan pidana jika disalahgunakan. Apa sudah ada pelaporan mengenai hal ini? kalau memang sistem di operator sudah bagus. Ini harus dicaritahu,” ungkapnya.

Junico menambahkan, Kemenkominfo seharusnya bisa meningkatkan sosialisasi secara intensif terkait dengan registrasi kartu prabayar, sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang valid dan benar.

“Harusnya Kominfo mampu melakukan sosialisasi secara intensif kepada masyarakat terkait hal ini, diikuti dengan memaksimalkan perlindungan data pribadi masyarakat. Hal ini juga harus diikuti oleh operator-operator terkait. Perlu ada kerja sama yang kuat dalam melindungi data pribadi masyarakat,” pungkasnya. []

SUMBER: SINDONEWS

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline