ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Cambridge Segera Buka Masjid Ramah Lingkungan Pertama di Eropa

0

Advertisements

HIJAU adalah warna Islami dan juga warna yang melambangkan kehidupan. Terinsiprasi dari warna hijau ini, sebuah masjid yang sedang dibangun di Cambridge Inggris berusaha untuk menggabungkan antara arsitektur modern dengan material ramah lingkungan. Karena itu, masjid ini digadang-gadang akan menjadi masjid ramah lingkungan pertama di Eropa.

Proyek ini telah dibangun selama 10 tahun dengan keahlian para arsitek dan insinyur. Masjid remah lingkungan ini rencananya akan dibuka pada awal 2019. Masjid ini tidak hanya sebagai tempat shalat tetapi juga sebagai ruang untuk mengajar dan menyambut orang-orang dari semua agama.

“Ini adalah tempat bagi seluruh komunitas, bukan hanya Muslim,” kata Tim Winter, dosen studi Islam di Universitas Cambridge.

Winter masuk Islam hampir 40 tahun yang lalu, dan mengambil nama Islam sebagai ‘Abdal Hakim Murad.’ Dia telah belajar di Mesir dan Arab Saudi dan telah tiga kali menunaikan haji. Pekerjaan sehari-harinya adalah mengajar di pelajaran Islam, tetapi hasratnya yang lain adalah masjid.

Related Posts
1 of 4

Menurut sensus terakhir pada tahun 2011, Cambridge adalah rumah bagi 8.000 Muslim, namun angka itu tidak memperhitungkan mahasiswa luar negeri di dua universitas (Cambridge dan Anglia Ruskin) dan 50 perguruan tinggi bahasa, atau semakin banyak “Muslim baru.”

Pada hitungan terakhir, ada 100.000 orang Muslim di Inggris.

Cambridge memiliki lima masjid, namun semuanya tidak ada yang dibangun layaknya bangunan masjid dan semuanya terlalu kecil. Selama bertahun-tahun, jemaah telah menggunakan ruang-ruang sewaan, sering kali tumpah ke koridor atau jalan.

Untuk itu, 10 tahun lalu Winter mendirikan Cambridge Mosque Trust, sebuah lembaga amal terdaftar yang didedikasikan untuk mengumpulkan dana untuk membangun sebuah masjid yang sesuai dengan harapan umat Islam Cambridge. []

SUMBER: ARABNEWS

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline