ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Begini Sindiran Menlu Iran atas Hengkangnya Israel dan AS dari UNESCO

0

TEHERAN—Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif menyindir Amerika Serikat (AS) dan Israel pasca keduanya hengkang dari Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB, UNESCO.

Melalui akun Twitternya, Zarif mengatakan, AS dan Israel terus menerus menarik diri mereka dari badan dan perjanjian internasional.

BACA JUGA: Keluar dari UNESCO, AS dan Israel Menunggak Jutaan Dollar

“Setelah JCPOA, NAFTA, TPP, konvensi iklim dan rezim (Donald) Trump bersama dengan rezim Israel sekarang telah secara resmi mundur dari UNESCO,” merujuk pada kesepakatan nuklir Iran dan dua perjanjian dagang internasional.

Zarif kemudian mengatakan, mungkin tidak lama lagi AS dan juga Israel akan keluar dari Planet Bumi.

“Apakah masih ada (perjanjian dan badan) yang tersisa bagi administrasi Trump dan kliennya untuk mundur? Mungkin selanjutnya (keluar) dari Bumi,” kicaunya.

Sebelumnya, Israel keluar dari keanggotaannya di UNESCO, karena badan internasional tersebut dinilai terlalu membela Palestina. UNESCO diketahui telah memberikan keanggotaan penuh terhadpa Palestina pada 2011 lalu. Dengan kata lain, badan tersebut mengakui Palestina sebagai negara berdaulat.

BACA JUGA: Berencana Hengkang dari UNESCO, Inggris Dianggap ‘Penjilat’

Pengunduran diri Israel tersebut kemudian diikuti oleh sekutunya, Amerika Serikat (AS).

Kendati demikian, pejabat UNESCO memperkirakan hingga kini, Amerika menunggak sebanyak 600 juta USD, mengingat Amerika memiliki tanggung jawab 22 persen dari total anggaran. Sedangkan Israel berhutang sekitar 10 juta USD. []

SUMBER: SPUTNIK

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Comments
Loading...

Maaf Anda Sedang Offline

Send this to a friend