ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Bantu Somalia, Turki Kirim Bantuan 1 Miliar Dolar

Foto: AA
0

JERMAN—Wakil Perdana Menteri Turki dikabarkan telah mengirimkan bantuan hampir 1 miliar USD bagi Somalia sejak 2011. Bantuan ini diklaim sebagai bagian dari strategi Turki untuk membantu negara-negara Afrika.

Menurut laporan AA pada Ahad (19/3/2017), berbicara setelah pertemuan menteri keuangan G20 dan gubernur bank sentral di kota Jerman Barat Baden-Baden, Mehmet Simsek mengatakan Turki akan terus bersama dengan Afrika.

Simsek mengatakan salah satu agenda G20 adalah untuk memperkuat dialog dengan negara-negara Afrika, karena “100 tahun ke depan akan menjadi tahun Afrika.”

“Ini seperti Asia dalam hal ekonomi global. Jika Asia bisa mesin terbesar dari ekonomi global saat ini, ada kemungkinan untuk Afrika di masa depan. Turki sudah membuat upaya besar untuk Afrika. Kami telah memiliki strategi. Salah satunya kami memiliki 12 kedutaan besar pada 2004 dan sekarang ada 39 di Afrika,” kata Simk.

Menteri Turki juga menyatakan bahwa pertemuan dua hari di Baden-Baden telah membuahkan hasil bagi Turki untuk mengekspresikan diri pada investor. []

loading...
loading...