Anak-anak Muslim AS Raih Juara Kompetisi Robotika

0

AS—Salah satu tim anak-anak Muslim di Albuquerque, New Mexico dikabarkan telah meraih juara dalam kompetisi robotika.

“Kami di sini untuk menginspirasi anak-anak, terutama anak-anak Muslim. Kami ingin membuktikan bahwa mereka dapat melakukan apapun yang mereka inginkan,” ungkap pemimpin tim Safa Kassem, 14, kepada Albuquerque Journal, Senin (18/9/2017).

Kassem menambahkan bahwa pengalaman tersebut tidak hanya menyajikan sesuatu untuk dituliskan dalam buku catatannya tetapi juga sebagai upaya untuk mendorong anak-anak lain agar mampu berkarya.

Gagasan tim ini dimulai saat Mohamed Ebeida, seorang ilmuwan komputer di Sandia National Laboratories, menginginkan sebuah cara untuk mengajarkan pemrograman kepada anak-anak.

Pada awal 2016, dia mengumpulkan sekitar 30 anak berusia 6-14 tahun dari Pusat Islam New Mexico di Albuquerque. Lalu ilmuwan sang ilmuwan mulai mengajar mereka dasar-dasar pemrograman komputer dan robotika.

“Sebagian besar ide yang datang dari anak-anak ini benar-benar tak biasa,” kata Ebeida.

Juli lalu, dua tim yang terdiri dari enam anak masing-masing berkompetisi di Liga FIREF LEGO Mountain State Invitational.

Kompetisi mengharuskan anak-anak merancang, membuat dan memprogram robot untuk menyelesaikan serangkaian tugas dan memberi makan berbagai jenis hewan.

Bersaing melawan tim yang lebih tua dan lebih berpengalaman, Ebeida mengatakan bahwa dia amat senang ketika timnya meraih penghargaan.

Ebeida mengatakan bahwa dia dan kelompoknya telah mempersiapkan untuk kompetisi robot tahun depan. []

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline