islampos
Media islam generasi baru

Amnesty Internasional: Dewan HAM PBB Diharap Segera Selesaikan Krisis Rohingya

Foto: Detik
0

JAKARTA -Wakil Direktur Amensty International Asia Tenggara dan Pasifik, Josef Benedict, mengatakan bahwa pihaknya memiliki beberapa usulan dan tuntutan yang akan disampaikan kepada Dewan HAM PBB.

Rekomendasi pertama adalah agar Dewan HAM meminta kepada Myanmar untuk memastikan adanya akses penuh bagi badan PBB dan organisasi lainnya ke seluruh negara bagian Myanmar. Selanjutnya, meminta kepastian akan kelanjutan operasi kemanusiaan di Myanmar.

Dia meminta Bangladesh dan Myanmar untuk memastikan semua pengungsi Rohingya yang berada di Bangladesh untuk dapat kembali ke rumah mereka.

Dewan HAM PBB diharapkan mengeluarkan sebuah resolusi mengenai krisis kemanusiaan yang dialami etnis Rohingya di negara bagian Rakhine, Myanmar, saat menggelar pertemuan di Jenewa pekan depan. Harapan ini disuarakan Amnesty International Indonesia.

”Beberapa hari ke depan Dewan HAM PBB akan gelar sidang, dan dalam pertemuan itu ada temuan yang didapat tim pencari fakta Myanmar. Amnesty ingin Dewan HAM terbitkan resolusi yang kuat untuk krisis di Rakhine, dan perpanjang mandat tim pancari fakta. Diperlukan waktu lebih bagi tim pencari fakta,” kata  Direktur Amnesty International Indonesia, Usman Hamid, Jumat (15/9/2017) kemarin seperti dikutip dari SindoNews.

“Mereka harus memastikan wartawan punya akses ke Rakhine tanpa hambatan di seluru wilayah. Myanmar harus kerja sama dengan tim pencari fakta, termasuk memberikan akses penuh ke seluruh negara bagian Myanmar kepada tim pencari fakta,” pungkasnya.[]

loading...
loading...