Inilah 6 Manfaat dan Keutamaan Shalawat

0

UMAT Islam dianjurkan untuk membaca shalawat untuk Nabi Tercinta shallallahu’alaihi wasallam. Shalawat ini memiliki banyak manfaat dan keistimewaan baik didunia maupun di akhirat. Apa saja manfaatnya?

Berikut ini 6 manfaat dan keutamaan shalawat:

1. Sebagai implementasi/perwujudan perintah Allah ta’ala untuk banyak-banyak bershalawat dan bertaslim untuk Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam.

Allah ta’ala berfirman :

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi, ‘Hai orang-orang yang beriman bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS.Al Ahzab : 56)

2. Shalawat merupakan salah satu sebab terkabulnya doa seorang hamba jika ia mengawali doanya dengan shalawat.

Dalam sebuah atsar disebutkan :

“Doa seorang hamba tertahan diantara langit dan bumi, tidak terangkat kelangit sampai engkau bershalawat untuk Nabi shallallahu’alaihi wasallam.”

Setiap orang yang mengawali doanya dengan shalawat dan taslim untuk Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam, dan juga mengakhiri doanya dengannya, maka doa tersebut sangatlah mustajab/dikabulkan oleh Allah dikarenakan banyaknya keberkahan shalawat tersebut.

3. Dengan shalawat, lisan senantiasa basah dengan menyebut sang kekasih tercinta, Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam.

4. Shalawat mendatangkan ketenangan jiwa dan pikiran serta kelezatan iman dan ketaatan/ibadah.

5. Shalawat memenuhi majelis/perkumpulan dengan cahaya rahmat,dan keberkahan. Setiap majelis yang didalamnya disebutkan nama Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam, maka majelis itu akan dipenuhi oleh cahaya (iman), akan dihadiri dan diliputi oleh para malaikat, cahaya (rahmat) akan terus menerus turun didalamnya, serta semua amalan baik didalamnya langsung akan diangkat kepada Allah ta’ala.

6. Shalawat selalu mengingatkan diri kita terhadap Rasulullah yang tercinta, sehingga dapat meninggikan semangat beribadah, dan berakhlak dengan akhlak yang mulia, serta berjihad/bersungguh-sungguh dalam hidup ini dengan setinggi-tingginya jihad sebagaimana jihadnya Nabi kita shallallahu’alaihi wasallam. []

SUMBER: WAHDAH

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline