8 Fakta Unik tentang Kehidupan Mohamed Salah

0

BINTANG lapangan asal Mesir yang kini sedang bersinar di klub Liga Inggris Liverpool, Mohamed Salah Ghali punya sisi unik yang tak banyak diketahui orang lain.

Apa saja fakta unik tentang pesepakbola muslim yang sudah menyumbangkan 40 gol untuk Liverpool itu?

Berikut 8 fakta unik soal Mo Salah, panggilan akrab Mohamad Salah yang diberikan para penggemarnya di Inggris:

1. Terbuka

Tak sedikit pesepakbola dunia yang menutupi kehidupan pribadinya, bahkan hingga merahasiakan pernikahannya dan hanya mengundang kalangan tertentu saja. Ini berbeda dengan Salah. Dia terang-terangan mengumumkan pernikahannya dan membuka pintu lebar-lebar bagi siapapun untuk datang ke resepsi pernikahannya. Hal itu ia tunjukkan sebagai bentuk pengakuan bahwa dirinya adalah milik bangsa Mesir.

Ketika Salah menikah dengan Magi, pada 2013, semua orang di kampungnya, bisa masuk dan makan di sana. Mereka yang datang pun beragam, mulai masyarakat umum sampai penyanyi terkenal di Mesir.

2. Nama anakanya diambil dari nama tanah suci

Selain prestasi di bidang sepakbola, Mohamed Salah juga dikenal sebagai seorang muslim yang taat. Dia begitu bangga dengan identitasnya sebagi Muslim. Nah, satu bentuk cintanya kepada Islam tercermin adalah pilihan nama untuk anaknya. Salah memberi nama anaknya Makka yang merujuk pada tanah suci umat Islam yang merupakan tanah kelahiran Nabi Muhammad SAW di Arab Saudi, yaitu Mekkah.

3. Nyaris jadi tentara

Salah pernah nyaris menjadi tentara Mesir. Sebab, peraturan di negara tersebut mewajibkan laki-laki yang sudah memenuhi persyaratan untuk mengikuti wajib militer (wamil). Nama Salah pun masuk dalam daftar wamil di Mesir.  Namun, Pejabat asosiasi sepakbola Mesir Ahmed Hassan, kemudian membantu situasi Salah, dan memasukkan nama Salah sebagai pesepakbola yang bekerja di Inggris. Salah pun terbebas dari tugas wamil.

4. Super  cepat dalam berlari di lapangan hijau

Mohamed Salah dikenal sebagai pemain yang sangat cepat. Pemain Real Madrid, Raphael Varane tak malu mengakuinya. Ia pernah bertugas menjaga Salah saat Madrid melawan AS Roma. Ketika itu Salah masih tergabung dengan klub Italia AS Roma. Varane mengaku kerap kewalahan mengimbangi kecepatan lari Salah. Padahal, Varane berstatus sebagai pemain tercepat di Madrid, mengalahkan Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo.

5. Menangis meski menang pertandingan

Slah memulai karir sebagai pesepakbola muda di klub Mesir, El Mokawloon. Da kerap memohon ke pelatih, agar diberi kesempatan bermain sebagai penyerang, bukannya bek sayap. Pernah, timnya menang 4-0 dan Salah ikut bermain. Bukannya merayakan, dia malah menangis. Ternyata dia sedih karena tak ikut mencetak gol.

6. Sosok yang religius

Sebuah video yang diunggah Dejan Lovren ke akun Instagramnya mengunggapkan sisi religius sang bintang lapangan Mohamed Salah. Video itu diunggah usai pertandingan antara Liverpool dan Selhurst Park, Sabtu (31/3/2018). Dalam video tersebut Mohamed Salah sedang sibuk dengan gawainya saat berada di pesawat. Di situ juga terlihat bahwa Salah membawa Alquran. Sisi religius Salah itu bahkan menjadi inspirasi bagi penggemarnya.

7. Selebrasi Sujud Syukur

Mohamed Salah, satu di antara pesepak bola muslim yang tak sungkan menunjukkan identitas Islamnya. Ia mengekspresikan kegembiraannya dalam mencetak gol (selebrasi) dengan melakukan sujud syukur di lapangan. Pemain kelahiran Mesir, 15 Juni 1992, ini kerap menengadahkan pandangannya ke langit sambil menunjuk ke atas. Setelah itu, ia bersimpuh ke tanah, pertanda sujud syukur kepada sang khalik.

8. Salah selalu membaca Alquran dan shalat di masjid

Meski telah mencetak prestasi gemilang di persepakbolaan dunia, Salah yang lahir dan besar di perkampungan Nagrig di wilayah bagian barat Mesir yang dikenal dengan Gharbiya, tetap tak melupakan tanah airnya. Dia kerap membantu orang-orang miskin, rumah sakit, sekolah, dan teman-temannya di masa kecil dulu.

Meski telah melalui lika-liku hidup yang penuh dengan perjuangan hingga berbuah kesuksesan, Salah tidak melupakan tuhannya. Sebelum bertanding ia terlihat membaca Alquran. Kebiasaan Mohamed Salah yang tidak pernah berubah dari dulu sampai sekarang adalah mengkhatamkan alquran dan shalat di masjid. []

SUMBER:  SPORTSKEEDA | CNN

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline