Ini 6 Syarat Mendapatkan Ilmu

0

Oleh: Finia Salwanisa
keje.benjoll@gmail.com

MENUNTUT ilmu merupakan kewajiban bagi setiap Muslim. Dalam suatu pepatah arab dikatakan, “Saudaraku, engkau tidak akan mendapatkan ilmu kecuali dengan 6 hal.” Apa sajakah 6 hal itu?

1.Kecerdasan (Dzukaa’u)
Syarat pertama dalam mendapatkan ilmu adalah kecerdasan. Kecerdasan atau bisa juga di sebut IQ (intellegence quotient) adalah kemampuan general manusia untuk melakukan tindakan dengan berbagai cara.

Terdapat berbagai macam kecerdasan yang dimiliki setiap manusia, diantaranya kecerdasan linguistik, logika, visual spasial, musical, dan lain sebagainya.

Kecerdasan bisa terus meningkat ataupun menurun, tergantung bagaimana kita melatih dan memepergunakan dan melatih otak kita. Membaca buku dan senam otak adalah aktivits sederhana yang dapat mengasah otak manusia.

2.Tamak (Hirshun)
Yang dimaksud tamak disini adalah tamak dengan ilmu. Yaitu ketidakpuasan terhadap ilmu yang telah dimiliki karena merasa masih banyak kekurangan dalam dirinya. Sehingga memotivasi seseorang untuk terus menerus belajar dan memperbanyak ilmunya.

3.Bersungguh-sungguh (Ijtihaad)

Syarat ketiga adalah bersungguh-sungguh. Teguhkan niat untuk terus menuntut ilmu. Tak hanya belajar, tapi juga bersungguh-sungguh dalam berdo’a dan beribadah. Karena, usaha tanpa doa adalah sombong, doa tanpa usaha sama saja bohong.

4.Biaya (Dirham)
Tentu saja kita memerlukan biaya dalam menuntut ilmu, entah untuk biaya sekolah per bulannya, atau biaya menempuh perjalanan ke majelis ilmu.

5.Bersahabat dengan guru (Suhbatu- al-ustadz)
Kenali dan akrabilah guru dengan baik, agar menutut ilmu menjadi lebih nyaman. Dan juga karena selain ridha orang tua, kita juga harus mendapat ridha dari guru untuk meraih kesuksesan.

6.Waktu yang panjang (Tuulu- az-zamaan)
Karena segala sesuatunya itu membutuhkan proses dan kesabaran. Misalnya ada masa SD, SMP, SMA, sampai dengan kuliah.

Tidak mungkin dalam sekali belajar kita bisa langsung ahli dalam segalanya. Oleh karena itu, waktu juga menjadi syarat dalam mendapat ilmu.

Setelah mengetahui syarat-syaratnya, maka langkah selanjutnya adalah melengkapi ke-enam syarat supaya ilmu bisa segera kita dapatkan.

Ketahuilah bahwa setiap langkah seseorang penuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya menuju surga. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun