ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

5 Cara Menghadang Hoax

Foto: Reference.com
0

Oleh: Rohmat Saputra
jeparahanif@gmail.com

DUNIA informasi hari ini berkembang begitu pesat. Segala hal yang berhubungan dengan internet serasa mudah sekali diakses. Tapi ternyata manfaat yang besar menyimpan bahaya yang besar pula. Yaitu mudah sekali tersebarnya berita hoax.

Namun sebenarnya, cara mengatasinya tidak jauh beda dengan di dunia nyata. Harus selalu kroscek dan konfirmasi berita-berita yang telah tersebar. Meskipun itu berita/informasi datang dari media-media yang sangat dikenal netizen hari ini.

Mengenai langkah-langkah dalam mendapati berita dan informasi, alangkah baiknya kita simak ulasan di bawah ini.

Pertama: Bila datang sebuah berita/informasi, perhatikanlah dari mana berita itu datang.

Kedua: Jika berita datang dari orang muslim dan terkenal dengan kejujurannya, periksa dulu. Apakah berita itu ada manfaatnya bagi muslimin atau tidak jika di-share.

Jika berita itu datang dari orang yang suka berbuat maksiat, maka periksa dulu. Cek dan kroscek lebih dalam kebenaran berita itu.

Jika berita itu benar, jangan langsung menyebarkan. Tapi dilihat dulu, apakah kalau disebarkan ada manfaatnya untuk orang lain.

Namun jika berita datang dari pendusta, alangkah baiknya tolak saja berita itu.

Ketiga: Jika berita dari seorang muslim yang jujur atau dari seseorang yang terkenal dengan kejujurannya tapi nihil dari manfaat meski benar beritanya, alangkah baiknya tidak disebarkan. Biarkan berita itu berlalu.

Keempat: Jika ada sisi kebaikan untuk orang lain pada sebuah informasi yang sumbernya benar dan jelas, baiknya disebarkan. Supaya orang lain dapat manfaat dari berita tersebut.

Kelima: Jika datang berita yang mengungkapkan aib seorang muslim yang seharusnya ditutup meski berita itu benar, maka tidak baik untuk mengumbar dengan menyebarkannya.

Dengan lima langkah di atas, semoga kita mudah menangkal berita-berita hoax yang sangat cepat tersebar. Memang hari ini sengaja banyak orang yang menyebarkan berita bagus, menakjubkan, bikin penasaran, agar dapat banyak viewer dari netizen. Tapi yang sangat disayangkan sering kali menggunakan informasi hoax.

Kedepannya, semoga kita tidak selalu menjadi bagian dari korban hoax. Tapi menjadi bagian dari penghadang berita dan informasi hoax. []

loading...
loading...