4 Tanda Munafik Sejati

0

 

SIFAT munafik adalah sifat yang harus kita jauhi. Seperti telah kita ketahui bersama, bahwa Allah membenci orang munafik dan menempatkannya di neraka. Tentunya kita tidak mau memasuki neraka-Nya, bukan? Maka dari itu, kita harus menjauhi sifat munafik ini.

Seseorang yang mempunyai sifat munafik bisa kita lihat dari ciri-cirinya, seperti dalam haditsnya, Rasulullah Saw bersabda,

BACA JUGA: Shalat Orang yang Munafik, Ini Dia Ciri-cirinya

Dari Abdullah bin Amr RA, dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, ‘Barangsiapa tertanam dalam dirinya empat hal, maka ia benar-benar seorang munafik sejati, dan barangsiapa dalam dirinya terdapat salah satu dari empat hal, maka dalam dirinya tertanam satu kemunafikan sehingga ia meninggalkannya, (yaitu) (1) Apabila berbicara ia berdusta (2) Apabila membuat kesepakatan ia mengkhianati (3) Apabila berjanji ia mengingkari (4) Apabila berdebat ia tidak jujur.’ Namun di dalam hadits Sufyan disebutkan, ‘Barangsiapa dalam dirinya terdapat salah satu dari empat hal ini maka di dalam dirinya terdapat salah satu ciri kemunafikan’.” (HR. Muslim)

BACA JUGA:Hadits Agar Terbebas dari Kemunafikan dengan Takbiratul Ihram, Benarkah Dhaif?

Rasulullah sudah sangat jelas menyebutkan ciri-ciri orang munafik sejati, yaitu orang yang apabila ia berbicara berdusta, orang yang apabila membuat kesepakatan ia mengkhianati, orang yang apabila berjanji ia mengingkari, dan orang yang apabila berdebat ia tidakah jujur.

Dari ciri-ciri orang munafik di atas, sudah seharusnya kita berhati-hati dalam bersikap. Karena bisa jadi, jangan-jangan selama ini kita mempunyai satu di antara sifat munafik tersebut, Semoga kita senantiasa dijauhkan dari sifat munafik sejati. Aamiin. []

 

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline