islampos
Media islam generasi baru

Di Cina dan Azerbaijan, Lebaran Dimulai Senin

0

MAYORITAS umat Muslim di dunia merayakan Idul Fitri pada Ahad (25/6/2017). Namun di beberapa negara Asia dan Afrika justru  merayakan Idul Fitri pada Senin (26/6/2017).

Menurut laporan Worldbulletin, Muslim Cina berkumpul untuk melaksanakan shalat Id di Masjid Niujie, Beijing. Bertepatan dengan hal ini, para polisi Cina mulai melakukan tindakan pengamanan ekstra dan menutup beberapa jalan di pusat lalu lintas.

Masjid tersebut, yang merupakan salah satu yang tertua di negara ini, adalah rumah bagi ratusan Muslim yang melaksanakan shalat Idul Fitri dan saling bermaafan.

Di Azerbaijan, Muslim embanjiri Masjid Ilahiyyat, Karacukur dan Tezepir untuk melaksanakan sholat Idul Fitri pada Senin(26/6/2017) pagi. Presiden Ilham Aliyev juga telah menyampaikan sebuah pesan yang merayakan liburan.

Juga di Iran, Pakistan, Uzbekistan, Myanmar, Nepal, Afrika Selatan, dan Sri Lanka, umat Islam mulai merayakan Idul Fitri suatu hari nanti karena otoritas keagamaan mengatakan bahwa hari pertama adalah hari Senin berdasarkan pengamatan bulan sesuai kalender lunar Islam.

Festival tiga hari dimulai pada hari Minggu di Turki, AS, dan negara-negara Arab – termasuk Mesir, Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Bahrain, Kuwait, Palestina, Yordania, Sudan, Yaman, Libya, Suriah, Irak , Lebanon, Tunisia dan Aljazair. []

loading...
loading...