ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Baju Lebaran

Foto: Ikea
0

DULU, zaman kanak-kanak, suka sedih kalau temen-temen pamer udah beli baju lebaran yang kadang lebih dari 1, baju baru, sendal baru, sepatu baru, mukena baru…

Sejauh yang aku inget, kalau temen-temen pamer baju baru, mama ngajak aku masuk ke rumah….

Iya… emang musti tahu diri. Beranak 6 dengan penghasilan jualan kue dan pempek di jaman dulu gak mungkin beli baju baru. Alhamdulillahnya, ada adik bungsu papa yang rajin misahin baju bekas anaknya yang bagus-bagus. Jadi punya baju baru juga buatku. Sedang kakak-kakakku gak ada lungsuran, jadi dicukupkan dengan baju lama … tapi tentu aja gak lusuh… karena mama selalu mencuci baju baju kami dengan bersih dan cemerlang.

Kadang mama beli bahan murah di pasar, jadi mama menjahit hingga larut malam supaya aku punya baju baru pas lebaran. Pernah juga mama beli baju dengan kredit, yang kemudian dengan mataku sendiri aku melihat mama dijudesin yang nagih karena kadang uang yang dipunya gak cukup buat nyicil.

Waktu aku kecil, aku selalu menghayal, punya baju ala putri dari satin warna pink penuh renda-renda kayak teman-temanku, pakai sepatu putih pantopel mengkilat. Jelas itu cuma hayalan aja, karena dulu harganya cukup buat beli beras sebulan buat kita makan sekeluarga… dan saat lebaran, baju harga beras buat makan sebulan itu seliweran dimana-mana.

Sekarang…. aku selalu tanamkan anak-anak belajar buat gak berlebih-lebihan pas lebaran. Apalagi buat tampil keren agar semua mata kagum memandang, agar gak ada mata – mata luka memandang. Apalagi mata seorang ibu yang meneteskan air mata ketika anaknya memandang kekaguman kebaju orang lalu menunduk menatap bajunya.

Karena kemegahan dan kemewahan bukanlah apa yang kita kenakan, melainkan apa yang kita upayakan untuk kebahagiaan orang lain dan sebaik baiknya pakaian adalah pakaian keimanan. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...