islampos
Media islam generasi baru

Memahami Otak dan Akal Manusia

Foto: Rahmad Wedi Apriansyah Putra
0

APA yang Anda ketahui tentang otak manusia? Otak manusia perlu dibedakan dengan akal. Otak adalah sesuatu yang ada di batok kepala kita bagian belakang yang fungsinya ada tiga:

• Menyerap informasi
• Menyimpan informasi
• Mengeluarkan informasi

Fungsi otak adalah menyerap, menyimpan dan mengeluarkan informasi. Sednagkan fungsi akal adalah mengelola informasi yang sudah masuk ke dalam otak.

Di mana letak akal? Tidak seorang pun dapat menunjukkan dengan baik dimana letak akal. Al-Quran mengatakan, Lahum qulubun la ya qiluna biha, yang artinya ‘mereka mempunyai hati, tetapi mereka tidak berpikir dengan hatinya’. Jadi, definisi umum untuk akal adalah al aqlu huwa quwwatum mudrik, ‘kekuatan yang mampu menangkap dan memahami sesuatu’.

BACA JUGA:
Kinerja Otak Berkurang Pada Umur 40 Tahun
Otak Sebagai Pengendali Gerak pada Manusia, Ungkapan Al-Qur’an Terbukti Benar

Menyerap belum tentu berarti memahami. Misalnya, Anda belum tetantu memahami Al-Quran, tetapi Anda bisa menyerapnya. Yang membuat Anda dapat memahami Al-Quran adalah akal dan yang membuat Anda mampu menghafalnya adalah otak. Cara menghafal yang bagus dan cepat adalah dengan memahami. Jadi, ada kerjasama antara otak dan akal sehingga Anda tidak membiarkan otak bekerja sendiri.

Otak dan akal manusia harus terus dilatih untuk bekerja agar kerja ia mudah. Ketika kita mendiamkannya maka semakin sulit untuk otak dan akal kita bekerja. Kita perlu memahami otak dan akal itu sendiri, agar mudah memanfaatkannya. []

Referensi: Model Manusia Muslim XXI/Karya: M.Anis Matta/Penerbit: Proressio