islampos
Media islam generasi baru

Tolak Penutupan Masjid, Muslim Prancis Gelar Shalat Berjamaah di Jalan

0

PRANCIS—Muslim Kota Clichy Prancis dilaporkan telah memprotes keputusan pemerintah lokal yang menutup sebuah masjid tanpa alasan. Masjid ini memang bukan berbentuk bangunan masjid pada umumnya, melainkan sebuah bangunan kantor yang warga Muslim ubah menjadi sebuah masjid.

Pada Rabu (22/3/2017), polisi menutup masjid kelompok Muslim yang dikenal sebagai Asosiasi Uni Muslim Kota Clichy (UAMC). Untuk melawan tindakan aparat, kaum Muslim sengaja menggelar shalat berjamaah di luar gedung setelah terjadi perdebatan hebat antara kota dan UAMC.

Menurut laporan Breitbart, pemerintah kota ini ingin mengubah bangunan masjid itu menjadi perpustakaan sedangkan kelompok Muslim ingin tetap menjadi masjid. Pada Kamis (23/3/2017), sebuah kelompok besar Muslim muncul di jalan di luar balai kota pada 5:00 pagi. Mereka shalat sekalius  memprotes evakuasi properti, La Parisien melaporkan.

Menurut laporan, pemerintah daerah memberi bangunan sewa kepada asosiasi Muslim tetapi sewa berakhir pada bulan Juni 2016 dan Muslim menolak untuk meninggalkan tempat tersebut. Hingga pada Rabu pukul 8:30 pagi, petugas pengadilan tiba di gedung dan mengelas gerbang sehingga tidak ada yang bisa masuk. Namun, sekitar 50 orang berhasil mendapatkan akses ke gedung meski harus berurusan dengan polisi. []

loading...
loading...