islampos
Media islam generasi baru

Sesumbar, Rusia Beri Bantuan Rp 89 Triliun ke Negara Mayoritas Muslim

Foto: RBTH
0

RUSIA—Pemerintah Rusia dilaporkan telah mendonasikan bantuan sekitar Rp 89 triliun ke negara-negara di Asia Tengah dalam 10 tahun terakhir. Keterangan ini diungkapkan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, Rabu (15/3/2017).

“Dalam 10 tahun terakhir, Rusia telah memberikan bantuan sebanyak 6,7 miliar USD ke negara-negara di Asia Tengah. Adapun bantuan finansial yang tidak perlu dibayar kembali berjumlah empat miliar USD,” ujar Lavrov kepada majalah Mezhdunarodnaya Zhizn, seperti dikutip TASS.

Ia menambahkan bahwa lebih dari 570 juta dolar dihibahkan melalui PBB, 1,3 miliar dolar melalui Bank Dunia dan struktur lainnya, 592,3 juta dolar melalui Uni Ekonomi Eurasia untuk pembiayaan stabilisasi dan pembangunan.

Beberapa negara yang dibantu adalah negara berpenduduk Muslim seperti Tajikistan dan Kirgizstan. Kedua negara ini dibantu sebesar 65 juta USD oleh Rusia melalui program pangan global PBB dalam kurun waktu 2013-2016.

“Kami memutuskan untuk membiayai lebih dari 10 proyek,” ujar Lavrov. Ia menambahkan bahwa proyek tersebut berkisar di sektor pengentasan kemiskinan, kesehatan, pendidikan, ekologi, dan keamanan pangan. []

loading...
loading...