islampos
Media islam generasi baru

AS Siap Kirim 1000 Tentara ke Suriah

Foto: PressTV
0

AS—Pemerintah AS dikabarkan telah menyebarkan sekitar 1.000 tentara tambahan ke Suriah utara, menurut seorang pejabat Pentagon, Rabu (15/3/2017). Laporan ini muncul menyusul rencana pemerintahan Trump yang akan mengirim ribuan tentara ke Suriah.

Namun pejabat yang tak ingin disebut namanya itu mengatakan bahwa Presiden Donald Trump dan Menteri Pertahanan Jim Mattis belum menyetujui rencana yang tengah disusun oleh Pentagon.

Pejabat itu mengatakan, “Itu salah satu usulan yang ada di meja sebagai bahan diskusi.”

Menurut laporan AFP, saat ini AS memiliki 800-900 pasukan Operasi Khusus di Suriah. Namun, operasi mereka terbatas pada perintah Pentagon yang hanya untuk memberikan pelatihan dan membantu pasukan Kurdi.

General Joseph L. Votel, komandan tertinggi AS untuk Timur Tengah, mengatakan bulan lalu bahwa pasukan AS mungkin diperlukan di Suriah untuk meningkatkan kemampuan bertarung melawan kelompok bersenjata di Suriah.

Menurut laporan, Pentagon mungkin membujuk Presiden Trump untuk mengirimkan ribuan pasukan tempur ke Suriah.

“Ada kemungkinan bahwa Anda mungkin akan melihat pasukan AS menginjak tanah  Suriah untuk beberapa waktu,” ungkap seorang pejabat AS kepada CNN bulan Februari lalu. []