ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

PM Israel: Tak akan Ada lagi Nama Jalan Pahlawan Palestina di Wilayah Israel

Foto: Ynetnews
0

PALESTINA—Dewan wilayah Jatt yang diklaim Israel berencana untuk menghapus nama jalan Yasser Arafat. Penghapusan nama jalan ini sesuai permintaan Menteri Dalam Negeri Israel Aryeh Deri, Ynet melaporkan pada Ahad (5/3/2017).

Selain itu, nama-nama jalan yang berkaitan dengan era Mufti Yerusalem 1930-an, seperti nama jalan Haji Amin al-Husseini dan Izz ad-Din al-Qassam juga akan dihapus. Keputusan itu juga diikuti pernyataan yang dibuat oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang berjanji untuk menghapus semua nama jalan atau gedung yang berkaitan dengan Palestina di tanah Israel.

Menanggapi peristiwa ini, sebuah granat dilemparkan ke rumah milik mantan kepala komite penamaan jalan Jatt ini, namun tak ada korban dalam peristiwa ini.

Netanyahu menulis status tentang penghapusan nama jalan di Facebook pribadinya. “Pada Jumat pekan lalu, saya telah berbicara dengan Menteri Deri setelah mendengar ada sebuah jalan di wilayah Jatt yang dinamai Yasser Arafat. Saya rasa nama ini tidak dapat diterima. Saya tak bisa membayangkan Israel memiliki jalan bernama musuh kami sendiri. Karena itu, saya minta Menteri Deri untuk mengurus hal ini. Deri telah melakukannya. Saya mendapat informasi bahwa dewan daerah segera menghapus nama jalan itu,” ungkap Netanyahu.

Netanyahu menambahkan bahwa upaya yang telah dilakukan bersama dengan Deri untuk menghapus tanda-tanda jalan ini akan terus dilakukan hingga tak ada lagi jalan di Israel yang dinamai tokoh pejuang Palestina. []

loading...
loading...