islampos
Media islam generasi baru

Mengapa Air Zamzam Istimewa? Ini Alasannya

Foto: wikipedia
0

AIR Zamzam sudah tak asing lagi bagi umat Muslim. Setiap tahun air Zamzam diambil oleh para jamaah haji dan umrah sebagai buah tangan ‘wajib’ setelah pulang dari Tanah Suci Makkah.

Rasulullah SAW menyebut air Zamzam sebagai air paling baik di dunia. Hal ini memang benar adanya karena air Zamzam begitu banyak mengandung barokah.

Dalam penelitian ilmiah yang dilakukan di laboratorium Eropa, terbukti bahwa air Zamzam memang berkhasiat dan berbeda dengan air lainnya yang ada di dunia. Beberapa kelebihan air Zamzam dibandingkan dengan air lain di antaranya:

1.Kadar Kalsium dan garam Magnesiumnya lebih tinggi dibanding air dari sumur lainnya, hingga berkhasiat untuk menghilangkan rasa haus dan efek penyembuhan.

2.Zamzam juga mengandung zat fluorida yang berkhasiat memusnahkan kuman-kuman yang terdapat dalam kandungan airnya.

3.Tidak ada sedikit pun lumut di sumur ini. Zamzam selalu bebas dari kontaminasi kuman.

4.Pada saat semua sumur air di sekitar Mekah dalam keadaan kering, sumur zamzam tetap berair. Zamzam memang tak pernah kering sepanjang zaman.

Beberapa manfaat air Zamzam:

Mampu Membunuh Kuman

Dari hasil penelitian sampel air yang dilakukan oleh para peneliti Eropa dan Arab Saudi menunjukkan bahwa air Zamzam mengandung zat Fluorida yang cukup efektif membunuh dan membasmi kuman, layaknya seperti sudah mengandung obat.

Perbedaan air Zamzam dibandingkan dengan air sumur lain di kota Mekah dan Arab sekitarnya adalah lebih banyak mengandung Kalsium dan garam Magnesium. Inilah yang menyebabkan air Zamzam membuat efek menyegarkan bagi jamaah haji yang kelelahan.

Keistimewaan lain, komposisi dan rasa kandungan garamnya selalu stabil, selalu sama dari sejak terbentuknya sumur ini. Rasanya selalu terjaga, dan ini diakui oleh semua jemaah haji dan umrah yang selalu datang tiap tahun.

Bisa Menyembuhkan Penyakit

Rasulullah SAW bersabda ”Sesungguhnya, Zamzam ini air yang sangat diberkahi, ia adalah makanan yang mengandung gizi”. Kemudian Nabi SAW menambahkan: “Air Zamzam bermanfaat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jika engkau minum dengan maksud agar sembuh dari penyakitmu, maka Allah menyembuhkannya. Jika engkau minum dengan maksud supaya merasa kenyang, maka Allah mengenyangkan engkau. Jika engkau meminumnya agar hilang rasa hausmu, maka Allah akan menghilangkan dahagamu itu. Ia adalah air tekanan tumit Jibril, minuman dari Allah untuk Ismail.” (HR Daruqutni, Ahmad, Ibnu Majah, dari Ibnu Abbas). Dalam riwayat lainnya disebutkan “Sebaik-baik air di muka Bumi adalah air Zamzam, di dalamnya ada makanan yang mengenyangkan dan obat yang menyembuhkan penyakit.” (HR. Thabrani dan Ibnu Hibban)

Air mineral yang layak minum ini telah terbukti berperan dalam menyebuhkan berbagai-bagai macam penyakit, yakni asam lambung, penyakit jantung koroner, ganggunan pencernaan, dan berbagai penyakit tulang, sendi, dan rematik. Zamzam juga punya keutamaan lain, yakni melancarkan peredaran darah atau menambahi unsur penting ke dalam tubuh yang sakit lewat kulit. Subhanallah. []

Sumber: Wikipedia, Zilzaal

 

 

loading...
loading...