10 Minuman Manis yang ‘Berisiko’ karena Kelebihan Gula (1)

0

GULA adalah bumbu yang memiliki rasa manis dan sering dijadikan penyempurna beragam kudapan. Selain garam, makanan rasanya tak lengkap bila tanpa gula.

Selain menyuguhkan kenikmatan rasa, gula juga ternyata menyimpan ancaman bagi kesehatan.

Terlalu banyak gula bisa meningkatkan risiko diabetes dan jumlah lemak di hati. Tak cuma itu, gula juga berkontribusi besar terhadap kenaikan berat badan, dan kerusakan pada gigi.

Oleh karena itu, Asosiasi Jantung Amerika merekomendasikan bahwa perempuan dewasa tidak boleh mengonsumsi gula lebih dari 25 gram gula per hari, sedangkan laki-laki dewasa 36 gram per hari.

Faktanya, sekitar 40 persen gula tambahan yang dikonsumsi orang Amerika ternyata berasal dari minuman manis. Minuman manis ini ternyata banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari dan jadi konsumi yang umum di masyarakat. Apa saja?

Berikut ini ulasannya:

1. Jus buah

Jus buah terdengar sebagai jenis minuman yang seharusnya menyehatkan dan mengandung banyak vitamin. Walau begitu, gula yang terkandung dalam jus buah kemasan akan memberi dampak negatif yang lebih banyak dibandingkan positif.

Walaupun jus buah kemasan tidak ditambahkan lagi dengan gula, jumlah gula yang terkandung tetap sangat tinggi. Misalnya, satu gelas jus anggur kemasan mengandung 36 gram gula, yang tidak berbeda jauh dengan segelas soda lemon yang mengandung 44 gram gula.

2. Es teh manis

Teh seharusnya merupakan minuman yang cukup menyehatkan, karena kadar antioksidannya yang tinggi. Es teh manis juga merupakan minuman yang dipilih banyak orang untuk menemani makan sehari-hari.

Namun satu gelas es teh manis, terutama teh manis kemasan, bisa mengandung hingga 30 gram gula.

3. Air kelapa aneka rasa

Air kelapa juga jenis minuman lain yang seharusnya menyehatkan, karena mengandung elektrolit seperti potasium yang bisa membantu menghidrasi tubuh.

Namun air kelapa kemasan yang memiliki rasa tambahan seperti “nanas” atau “mangga” mengandung gula tambahan yang begitu banyak, hingga 30 gram per kemasan 16 ons.

4. Minuman berenergi

Orang-orang biasanya mengonsumsi minuman berenergi sebagai stimulan ketika tubuh mereka sedang lelah atau mengantuk.

Selain tidak baik dikonsumsi terlalu banyak karena bisa berpengaruh buruk terhadap jantung, minuman berenergi juga memiliki kandungan gula yang tinggi. Kemasan 8 ons bisa mengandung lebih dari 25 gram gula.

5. Minuman yogurt manis

Yogurt merupakan salah satu makanan fermentasi yang bisa meningkatkan kesehatan pencernaan. Walau begitu, yogurt dengan rasa manis bisa mengandung hingga 26 gram gula. Belum lagi yogurt yang ditambah dengan pemanis tambahan seperti fruktosa dan potongan-potongan buah.

Jika ingin mendapat manfaat baik dari yogurt, lebih baik konsumsi yogurt yang tidak memiliki tambahan rasa atau greek yogurt. []

SUMBER: HEALTH

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline