Wow, Urab Jagung, Everyone?

0

 

UNTUK temani makan Anda kali ini, kayanya paling pas kalau kita mengambil dari salah satu bahan dasarnya sayuran. Nah, untuk itu kami menyarankan untuk membuat urab. Bukan urab biasa lho, tapi ditemani dengan jagung, sehingga diberi nama “Urab Jagung”.

Anda tertarik untuk membuatnya? Yuk ikuti langkah-langkah pembuatannya!

Bahan:

500 gr jagung kering
1 ½ sdt garam
100 cc air kapur sirih
½ butir kelapa yang agak muda, parut memanjang
100 gr gula pasir untuk taburan

Cara Membuat:

1. Rendam jagung semalaman. Cuci bersih, tiriskan. Lalu rebus dengan ± 2000 cc air, garam dan air kapur sirih. Rebus hingga setengah matang ±1 ½ jam, angkat, tiriskan. Tuangkan di tampah lalu gosok-gosok agar kuliat arinya terkelupas. Cuci beberapa kali sampai bersih betul, lalu rebus lagi dengan ± 2500 cc air, beri garam. Rebus hingga matang dan jagung merekah selama ± 3 ½ jam. Angkat, tiriskan.
2. Hidangkan gerontol jagung dengan kelapa parut dan taburi dengan gula pasir.

Catatan:

– Jika air perebus sudah hampir habis, sedang jagung belum cukup matang, tambahkan airnya, lanjutkan merebus hingga matang.
– Getuk, cenil dan gerontol jagung merupakan tiga serangkai yang saling melengkapi. Di mana ada cenil sebaiknya juga ada getuk dan gerontol jagung. Di pasar-pasar tradisional, penjual kue-kue pasar menjualnya dengan bakul bamboo. []

Sumber: Makanan Jajanan (Kudapan) Khas Jawa Barat/Pemerintah Propinsi Jawa Barat/Forum Koordinasi Program Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS)/2001

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline