Warga Tionghoa di Tanjung Priok: Kiai Ma’ruf ‘Orang Tua’ Kami

Foto: Suara Masjid
0

SEORANG Warga Tionghoa yang tinggal di Tanjung Priok menyebut KH. Ma’ruf Amin sebagai sosok yang berhati mulia. Ia mengatakan, Kiai Ma’ruf melindungi warga Tionghoa saat peristiwa tanjung priok dan kerusuhan 1998.

“Saya saksi hidup betapa mulia dan baik hatinya seorang KH. Ma’ruf Amin. Ia mau menjadikan rumahnya sebagai perlindungan warga Tionghoa,” tulis Arief Poyuono Jumat (03/01/2017) seperti disitat dari Republika.

Bukan hanya itu, lanjutnya, KH Maruf Amin juga ke luar rumah untuk melarang sekelompok orang yang hendak berlaku anarkis.

“Dia mengatakan langsung kepada mereka agar jangan membakar gereja yang ada di sekitar wilayah di Tanjung Priok,” katanya.

Sebagai warga Tionghoa, Arief mengaku merasa tak terima dan tersakiti saat KH. Ma’ruf Amin dihina. Ia juga menambahkan, dirinya juga akrab dengan kerabat Kiai Ma’ruf.

“Bahkan, saking akrabnya, bila orang lain memanggil Kiai Ma’ruf dengan sebutan ‘kiai’, saya pribadi dan para teman lainnya, memanggilnya dengan sebutan ‘mamang’,” ujarnya.

“Ini karena beliau adalah orang tua kami yang melindungi warga ‘seperti kami’,” pungkasnya. []

 

loading...
loading...