ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Wajah Tampan Jadi Masalah?

0

SAYA seorang remaja yang memiliki persoalan cukup besar. Saya memiliki wajah yang cukup tampan. Dari ketampanan saya ini timbul tekanan dari teman-teman pria saya di sekolah dan beberapa remaja tetangga saya. Mereka memaksa saya untuk melakukan hal yang tidak etis bersama mereka. Akhirnya, saya terpaksa menuruti perilaku menyimpang mereka. Jika saya tidak mau menuruti kemauan mereka, mereka mengancam akan memberitahukan perbuatan buruk saya kepada keluarga saya.

Persoalan ini sangat menyita pikiran saya dan mengganggu pelajaran saya di sekolah. Persoalan ini membuat saya bingung. Saya berharap memperoleh pertolongan berupa solusi terbaik dari ini semua dan dapat mengakhiri permasalahan ini secepat mungkin.

MR. F

Jawaban DR. Amru Abu Khalil

Saudaraku, sebenarnya persoalan yang sedang kauhadapi tidaklah sebesar apa yang kaubayangkan. Meski demikian, persoalan yang tengah kauhadapi ini harus dihadapi dengan sikap bijak dan tindakan yang sesegera mungkin. Solusi paling sederhana atas persoalan ini adalah dengan cara menghilangkan ancaman mereka yang ingin memberitahukan sikapmu kepada keluargamu.

Sebaiknya kau sendiri yang memberitahukan kepada keluargamu mengenai tindakan mereka. Bicaralah terus terang kepada kepada keluargamu, meski engkau telah tergelincir melakukan kesalahan bersama pemuda-pemuda tersebut. Kami tidak dapat memberikan solusi atas kesalahan yang kaulakukan bersama pemuda tersebut, karena kami tidak mengetahui secara persis tindakan dan perilaku seperti apa yang mereka ancamkan terhadapmu.

Jika memang telah terlanjur melakukan kesalahan, maka tidak ada solusi lain yang lebih baik selain berterus terang mengakui kesalahan itu di hadapan keluargamu. Tentunya harus diiringi tekad dalam dirimu sendiri untuk tidak kembali pada perbuatan tersebut. Inilah solusi yang insya Allah dapat menjagamu agar tidak kembali tergelincir.

Kemarahan apa pun yang datang dari pihak keluarga akibat pengakuanmu, akan lebih baik dibanding kau terus berada dalam lembah kehinaan. Yakinlah bahwa keluargamu itu akan selalu mendampingimu. Mereka akan menjadi sebaik-baik pertolongan bagimu. Oleh karenanya, mintalah pertolongan kepada Allah dan janganlah bersikap lemah dan rapuh. []

Sumber: Ikhwan Zone, Romantika dan Gaya Hidup Pubertas/Karya: Yusuf al-Qaradhawi /Penerbit: Zikrul Hakim

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...