Tim Medis Inggris Lakukan Transplantasi Ginjal di Gaza

Foto: DoP
0

PALESTINA—Tim medis Inggris dari Rumah Sakit Liverpool, akan melakukan transplantasi ginjal untuk 30 pasien gagal ginjal di Gaza.

Tim medis yang dipimpin oleh Dr Abdel Qader Hammad, konsultan ahli bedah transplantasi, telah tiba di Gaza pada akhir Februari 2017 lalu.

Pada kunjungannya di Rumah Sakit Al-Shifa, Hammad merencanakan untuk melakukan lebih dari 30 operasi ginjal. Selain itu ia akan menyelesaikan pendirian proyek departemen transplantasi ginjal rumah sakit terbesar di Gaza itu.

Hammad juga diharapkan melakukan pelatihan transplantasi ginjal selama kunjungannya kali ini. Seperti diketahui, sejak tiba di Gaza, Hammad telah melakukan 34 operasi untuk pasien gagal ginjal.

Pasien gagal ginjal di Gaza sangat menderita, karena kurangnya peralatan dan keahlian untuk melaksanakan operasi transplantasi ginjal. Hal itu diakibatkan pengepungan Israel selama 10 tahun yang memperburuk penderitaan mereka.

Hammad dan timnya berupaya memberikan kontribusi dan mengurangi penderitaan pasien gagal ginjal, menenangkan rasa sakit mereka dan mengurangi beban pelayanan kesehatan di Gaza, demikian lansir DOF. []

 

Pewarta: Ari.

loading...
loading...