islampos
Media islam generasi baru

Sudah Tradisi, Muslim India Tak Kurban Sapi

Foto: Huffington
0

INDIA—Muslim India dikabarkan tidak akan menjadikan sapi sebagai hewan kurban. Alasannya Muslim India menghormati penganut agama Hindu. Tradisi ini kembali berlanjut seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Huffingtonpost melaporkan pada Selasa (22/8/2017).

Mengutip Halallifestyle, tak hanya alasan hormat kepada agama lain, sebenarnya umat Islam India berada dalam tekanan ancaman kelompok yang mengaku ‘Gaurakshaks’ atau pelindung sapi. Mereka menebar ancaman akan melakukan tindak kekerasan kepada Muslim yang merayakan Idul Adha dengan memotong sapi

Tak ingin terlibat kekerasan, imbauan tidak memotong sapi sebagai hewan kurban disepakati ulama-ulama India. Juru Bicara ‘Persatuan Ulama Sunni India,’ Maulana Syed Hamid Hussain Shuttari berkata para ulama berharap Muslim dapat lebih aman dari ancaman yang dilontarkan pelindung sapi.

“Sebagai gantinya, ada opsi hewan lain seperti kambing, domba dan unta. Kami ingin Muslim India tetap kuat dan menganggap ini sebagai tantangan,” kata Shuttari.

Terlepas dari banyak polemik yang menyusul setelah imbauan tidak memotong sapi, para ulama menurut Shuttari menegaskan kampanye menghindari sapi sebagai hewan kurban tidak ada kaitannya dengan tekanan atau urusan politik tertentu. []

loading...
loading...