Seluas Apa Surga? Ini Kata Nabi

0

SURGA adalah sebaik-sebaik tempat untuk kembali. Tempat di mana kebahagiaan abadi berada. Tak ada seorang pun di dunia ini yang tidak menginginkan surga, meski pada kenyataannya banyak manusia yang berbuat maksiat kepada Allah SWT.

Allah SWT berfirman mengenai luasnya surga, ”Dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Ali Imran: 133)

Dalam hadits Muslim disebutkan bahwa surga yang disediakan untuk penghuni yang paling rendah adalah 10 kali lipat luasnya bumi ini. Diriwayatkan dari Anas ra, ia berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Sesungguhnya di dalam surga itu ada sebuah pohon yang besarnya sama dengan penunggang kuda yang jika mengitari bayangannya selama seratus tahun masih belum putus mengitarinya. Jika kamu mau bacalah ‘dan naungan yang terbentang luas, dan air yang tercurah’” (QS Al-Waqiah: 30-31). Dalam riwayat Tirmidzi, Nasa’I dan Ibnu Majjah ada tambahan dan bacalah jika kamu mau,”Maka barangsiapa yang selamat dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung.” (QS. Ali Imran: 185)

“Bagi setiap orang yang takut kepada Allah Yang Maha Esa ada dua surga yang panjang lebarnya tidak selesai dikelilingi selama seratus tahun.” (Jawahirut-Tafsir, hal 394)

Dari Abu Musa Al-Asy’ari, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Sesungguhnya bagi orang Mukmin di surga mempunyai dua kemah yang terbuat dari satu permata yang diukir, yang panjangnya di langit 60 mil. Bagi seorang Mukmin, di sana dia mempunyai banyak istri, dia akan menggilir mereka, maka sebagian mereka tidak melihat kepada sebagian yang lain.” (HR Bukhari Muslim). []

Sumber: 40 Hari Menuju Kematian. Karya: Syaikh Maulana Muhammad Islam. Penerbit: Nabawi

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline