ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Selain di Afrika, Warga Sukabumi pun Kesulitan Air Bersih

Foto: Poskota News
0 232

SUKABUMI–Kesulitan mendapatkan air bersih terjadi di negara-negara Afrika, yakni Somalia, Sudan, Sudan Selatan, Kenya, Ethiopia, Afrika Tengah, Uganda, Kongo, Angola, dan Nigeria. Ternyata bencana tersebut juga terjadi di Indonesia, warga Sukabumi sudah lama mengalami kesulitan air bersih.

Sudah tiga tahun lamanya warga Kampung Cihurang, Desa Pasir Suren, Kecamatan Pelabuhan ratu, Kabupaten Sukabumi merasakan dampak kesulitan air bersih. Untuk mendapatkan air bersih warga harus menempuh perjalanan yang jauh.

“Sudah tiga tahun warga Cihurang kesulitan air bersih, terutama pada saat kemarau. Selama ini warga harus mengambil air bersih sejauh tiga kilometer ke lokasi mata air,” kata MA Sopandi, salah satu warga Kampung Cihurang, lansir Republika, Jumat (31/3/2017).

Namun, kondisi saat ini mulai berubah sejak dua bulan terakhir. Sebagian warga mulai menikmati pasokan air bersih yang difasilitasi Palang Merah Indonesia (PMI).

“PMI membangun instalasi air bersih yang bekerja sama dengan American Red Cross,” terang Sopandi.

Menurut Sopandi, pasokan air bersih tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan warga sehari-hari seperti mandi, cuci, dan kakus. Bahkan lanjut dia air bersih juga digunakan untuk mengairi areal persawahan.

“Sehingga para warga kampung yang sebagian besar berprofesi sebagai petani bisa menanam padi atau palawija pada saat kemarau. itu sangat membantu peningkatan produksi pertanian warga,” tuturnya.

Sopandi mengungkapkan, intinya warga sangat terbantu dengan bantuan pemasangan instalasi air oleh PMI. Namun diakui dia dari 100 kepala keluarga (KK) di kampung tersebut baru sekitar 10 KK yang tersambung dengan pipa air.

Rencananya, pemasangan pipa ke rumah-rumah warga akan terus dilakukan agar warga tidak perlu jauh-jauh mencari air bersih. Dan Sopandi harap adanya perbaikan mata air yang bersih, karena masih ada yang terbuang. “Jika diperbaiki tutur dia maka pasokan air bersih akan semakin besar,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Kabupaten Sukabumi Budiharto mengatakan bahwa Selain di Kecamatan Pelabuhan Ratu, bantuan serupa juga diberikan di Kampung Cikananga Desa Bojonggaling, Kecamatan Bantargadun. []

Comments
Loading...