Sejumlah Wali Kota di AS Tolak Perintah Presiden Trump

0

WASHINGTON – Para wali kota di banyak kota Amerika Serikat, yang selama ini menampung imigran gelap, menyatakan akan melindungi mereka dari ancaman deportasi.

Sikap itu mereka sampaikan setelah Presiden Trump pada Rabu lalu mengancam akan memotong dana federal jika pemerintah kota tidak bekerja sama dalam menjalankan perintahnya untuk menerapkan peraturan keimigrasian secara ketat.

Wali Kota New York Bill de Blasio mengatakan ia akan menentang perintah eksekutif presiden.

“Kami tidak akan mendeportasi warga New York yang patuh hukum. Kami tidak akan mencerai-beraikan keluarga. Kami tidak akan membiarkan anak-anak sendiri tanpa orang tua mereka,” tegasnya, seperti dilansir BBC.

Menurut De Blasio, terdapat landasan kuat untuk menentang perintah eksekutif terkait dengan rencana mendeportasi para pendatang gelap.

Wali Kota Boston Marty Walsh menyebut perintah eksekutif tentang imigran gelap ini sebagai serangan langsung terhadap penduduk dan nilai-nilai Boston.

Ditambahkan oleh Walsh bahwa jika perlu para pendatang akan ditampung di Balai Kota.

Sementara itu Wali Kota Seattle Ed Murray menegaskan kotanya tidak akan ditakut-takuti. Ia mengatakan telah memberikan instruksi kepada para pejabat keuangan kota untuk mengatur kembali anggaran jika dana dari pemerintah pusat memang dihentikan.[fq/islampos]

loading...
loading...

You might also like More from author

Comments

Loading...