islampos
Media islam generasi baru

Sejak Umur Berapa Anak Diajarkan Membaca?

Foto: PBS
0

SEJAK umur berapa seorang anak dapat ikut membaca bersama orangtuanya? Membacakan kisah nabi pada anak usia 2,5 tahun lebih berharga daripada usia 18 bulan, keran minatnya jauh lebih besar. Mereka sudah dapat mengajukan pertanyaan sendiri, yang kerap menyukarkan kita dalam menjawabnya. Akan tetapi, jangan sekali-kali kita menjawab, “Jangan sekarang, ya Ahmad. Ayah kan belum selesai membacanya.” Hal ini akan membuatnya berhenti bertanya dan mengurangi minatnya membaca.

Pada usia 3-4 tahun biasanya anak suka akan puisi, syair, atau nyanyian. Karena itu, tidak ada halangan bila kita menyajikan bahan bacaan kisah nabi dalam bentuk tersebut. Berikut ini salah satu contohnya.

Nabi kita semuanya
Muhammad itu namanya
Di Mekah tempat lahirnya
Di Madinah berpulangnya

Meskipun demikian, kita harus pula menyadari bahwa tingkat kesiapan membaca pada anak memang variatif. Namun, yang paling penting, ia menyukai buku-buku dan menikmati kegiatan membaca sebagai suatu tayanganyang menyenangkan. Itulah sebabnya sangat penting mencari buku kisah yang menarik, yang memungkinkan anak secara sistematis mengingat dan merekam kata-kata bermakna dalam ingatannya.
Dengan demikian, tujuan awal seni berkisah melalui membaca dan berkisah merupakan suatu permainan yang menyenangkan saat kita membaca kisahnya, menunjukkan gambarnya, dan menjelaskan sambil mengucapkan kata-katanya. []

Sumber: Seni Berkisah Memandu Anak Memahami Al-Qur’an/Nunu Achdiyat/Rosda

loading...
loading...