ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Sedekah Tanpa Uang, Mungkinkah?

Foto: Surabayaonline.co
0

BERSEDEKAH adalah salah satu bukti keimanan seorang hamba kepada Allah Ta’ala dan Rasulullah . Karena bersedekah memerlukan kelapangan hati dan pengorbanan melawan rasa kikir. Lantas haruskah selalu dengan menggunakan harta?

Faktanya, banyak orang yang enggan bersedekah atau tidak mampu bersedekah karena tidak memiliki uang.

Tidak perlu khawatir kita bisa bersedekah bukan hanya dengan harta atau uang. Bagaiman caranya?

Diriwayatkan dari hadist muttafaq ‘alaih, sahabat Jabir bin ‘Abdullah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Setiap perbuatan baik adalah sedekah.”

Berbuat baiklah dengan semua perbuatan yang disepakati kebaikannya oleh syariat.

Bahkan jika tak mampu berbuat baik karena keterbatasan fisik atau cacat, masih ada peluang sedekah dengan pahala yang agung sebagaimana disebutkan dalam hadits dari sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Ucapan yang baik adalah sedekah.”

Sama dengan hadits pertama, hadits kedua ini diriwayatkan secara muttafaq ‘alaih, disepakati keshahihannya oleh hampir seluruh ulama’ ahli hadits.

Hal ini sebagaimana disebutkan, Rasulullah bersabda, “Setiap hari ketika matahari terbit, maka mendamaikan dua orang (yang berselisih) dengan adil adalah sedekah, menolong orang lain yang berkendara hingga mengangkatnya di atas punggung kendaraan, atau mengangkatkan barang bawaannya ke atas punggungnya adalah sedekah, setiap langkah perjalananmu untuk mengerjakan shalat adalah sedekah, dan menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah.”

Bukankah indah sekali ajaran Islam yang mulia ini? Semua kebaikan kepada sesama bernilai agung di sisi Allah Ta’ala. Semua kebaikan kepada umat manusia disejajarkan pahalanya dengan beribadah kepada Allah.

Mari bergegas galakkan sedekah dalam kehidupan sehari-hari. Tak perlu risau jika tidak memiliki uang. Sebab jalan sedekah amat banyak cabangnya.

Membantu menaikkan orang ke atas kendaraan, membantu mengangkat bawaan ke atas punggung, beranjak menuju masjid untuk shalat, mendamainakn orang yang ribut, bahkan menyingkirkan batu, kerikil, atau duri di jalanan pun bernilai sedekah. Dan yang terpenting adalah setiap perbuatn baik diluruskan niatnya karena di Allah Ta’ala. []

 

Sumber: kisah hikmah

 

 

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...