ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

PM Bangladesh: PBB Harus Sediakan Zona Aman bagi Muslim Rohingya di Myanmar

Foto: Indiatimes
0 186

BANGLADESH–Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina pada Kamis (21/09/2017) meminta PBB menciptakan zona aman bagi Muslim Rohingya di Myanmar.

“Muslim Rohingya ini harus bisa kembali ke tanah air mereka dengan aman, dan dilindungi martabatnya,” kata Sheikh Hasina di Majelis Umum PBB.

Dilansir indiatimes.com, Hasina juga mengatakan pemerintah Myanmar menyimpan ranjau darat di perbatasan untuk mencegah orang-orang Rohingya kembali ke Rakhine.

“Perserikatan Bangsa-Bangsa harus segera mengambil langkah untuk menemukan solusi atas krisis ini,” tambahnya.

Dalam Majelis Umum PBB ini, Hasina menyampaikan lima poin sebagai upaya melindungi orang-orang Rohingya di zona aman itu. Zona aman ini ada di Myanmar tetapi berada di bawah pengawasan PBB.

“Myanmar harus menghentikan kekerasan dan praktik pembersihan etnis. Myanmar juga harus mengizinkan PBB mencari fakta sebenarnya di lapangan. Memastikan kembalinya para pengungsi dan mematuhi sebuah laporan yang merekomendasikan kewarganegaraan untuk Rohingya,” kata Hasina.

Seperti diketahui, 420 ribu lebih Muslim Rohingya kini melarikan diri dari Rakhine usai terjadi pembantaian yang dilakukan militer Myanmar pada 25 Agustus lalu. []

Comments
Loading...