islampos
Media islam generasi baru

Pemerintah Spanyol Dukung Palestina Boikot Israel

Foto: Warga Spanyol
0

 

MADRID—Pemerintah kota di Spanyol Jum’at kemarin (9/6/2017) mengikuti keputusan yang mendukung Palestina dan mengikuti gerakan anti-rasisme dan anti-apartheid, BDS.

Keputusan tersebut menyatakan keikutsertaan pemerintah kota dalam gerakan Boikot, Divestasi dan Sanksi (BDS). Oleh karena itu, pemerintah kota berkomitmen tidak membangun hubungan apapun dengan organisasi ‘Israel’ manapun hingga ‘Israel’ memenuhi tiga syarat. Seperti dikutip dari PIC

Syarat-syarat itu termasuk mengakui hak rakyat Palestina untuk menentukan nasib sendiri, mengakhiri penjajahan dan membongkar tembok apartheid. Syarat-syarat tersebut sejalan dengan Resolusi Dewan Keamanan PBB No. 242 dan Deklarasi Mahkamah Internasional 9 Juli 2004.

Pemerintah kota di Spanyol itu juga menuntut pengakuan hak-hak warga Palestina yang tinggal di wilayah-wilayah Palestina terjajah 1948 dan menghormati hak para pengungsi Palestina untuk kembali seperti yang tercantum dalam Resolusi Majelis Umum PBB No. 194.

Hal tersebut menunjukkan bahwa aksi boikot tidak akan dilakukan terhadap institusi, perusahaan, dan organisasi yang mengakui hak-hak sah rakyat Palestina.

Tidak akan ada kesepakatan perdagangan, akademis, budaya, politik atau olahraga yang diselenggarakan dengan institusi-institusi internasional atau nasional Spanyol, jika ada pelanggaran hak asasi manusia di wilayah-wilayah Palestina. Meskipun itu menguntungkan secara keuangan, ekonomi atau politik.

Pemerintah kota juga akan meminta parlemen lokal di Cantabria dan seluruh institusi di kawasan tersebut, serta pemerintah Spanyol untuk bergabung dalam kampanye boikot internasional ini.[]

 

loading...
loading...