islampos
Media islam generasi baru

Pembicaraan Damai Suriah akan Dimulai Senin di Astana Kazakshtan

0

ANKARA – Perwakilan dari pemerintah Suriah dan delegasi oposisi akan bertemu pada hari Senin depan untuk memperkuat gencatan senjata dan mengakhiri kebuntuan enam tahun di negara itu.

Pembicaraan damai akan diselenggarakan di ibukota Kazakhstan Astana, yang akan dihadiri delegasi dari Iran dan AS bersama negara-negara penjamin Turki dan Rusia.

Sekitar 50 perwakilan dari sisi oposisi – termasuk penasihat dan anggota negosiasi – dijadwalkan akan mengambil tempat duduk mereka di meja perundingan.

Mohamed Alloush, anggota dari fraksi Jaysh al-Islam (Tentara Islam) adalah di antara mereka yang akan mewakili delegasi oposisi.

Berbicara kepada Anadolu Agency dalam sebuah wawancara pada hari Kamis lalu, Alloush mengatakan: “Tujuan terbesar kami adalah untuk segera menghentikan pertumpahan darah.”

Delegasi oposisi akan berangkat ke Astana pada Sabtu hari ini.

Duta Besar Suriah untuk PBB, Bashar al-Jaafari memimpin sisi rezim sementara delegasi Turki akan dipimpin oleh Wakil dari Kementerian Luar Negeri, Sedat Onal.

Organisasi Intelijen Nasional Turki dan pejabar Staf jenderal juga akan hadir dalam pembicaraan.

Utusan Khusus Rusia di Suriah, Alexander Lavrentiev dan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Mikhail Bogdanov menjadi wakil dari sisi Rusia.

Utusan Khusus PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura juga diharapkan datang ke Astana dengan delegasinya.[fq/islampos]

loading...
loading...