Pelepasan Bantuan Pangan untuk Suriah akan Dihadiri Para Ulama

0

BANDA ACEH – Bantuan seribu ton beras dari masyarakat Aceh untuk korban konflik Suriah akan diberangkatkan pada Ahad (15/4/2018) dari masjid Baiturrahman, di Kota Banda Aceh.

“Insya Allah, puluhan ribu masyarakat Aceh akan turut serta melepas bantuan Kapal Kemanusiaan untuk Suriah, Ahad (15/4). Selain itu akan ada doa bersama dan tablig akbar sebagai wujud rasa syukur orang Aceh atas bantuan ini. Rencananya, truk-truk kontainer nanti akan iring-iringan mengelilingi kota Banda Aceh dikawal oleh petugas keamanan, dimulai dari Masjid Raya Aceh, hingga ke jalur lintas menuju ke Medan,” papar Kepala Cabang Lembaga Kemanusiaan ACT Aceh di Banda Aceh Husaini.

Kegiatan ini dijadwalkan akan dihadiri oleh para ulama. Mereka adalah Syekh Ali Jaber yang merupakan ulama asal Madinah, Ustaz Fadlan Garamatan dari Papua, Ustaz Heriwibowo dari Jakarta, serta ulama-ulama senior di Aceh, antara lain Tgk H.M. Yusuf AW, Tgk Zamhuri Ramli, dan Nuruzzahri.

“Nanti akan ada Syekh Ali Jaber, Ustad Fadlan, Ustad Bobby dan ulama-ulama asal Aceh,” kata Husaini.

Selain tausiah dan pelepasan bantuan kemanusiaan untuk Suriah, ribuan umat Islam di Banda Aceh sore ini juga akan memanjatkan doa untuk semua umat Islam.

Husaini mengatakan kegiatan ACT bersama masyarakat NAD sore ini murni bentuk kepedulian antara saudara seiman dan solidaritas kemanusiaan.

Related Posts
1 of 51

“Sebenarnya ini karena saudara seiman, karena Islam mengajarkan sesama Muslim bersaudara, ini wujud implementasinya. Kemudian umat Islam di Aceh tahu betul bagaimana dibantu orang, pada saat konflik dan saat tsunami,” ujar Husaini.

Ia mengingatkan bagaimana dulu masyarakat Aceh menerima bantuan dari Palestina walaupun negara tersebut di bawah gempuran zionis Israel. Kemudian bantuan dari negara-negara lain yang tidak akan dilupaka masyarakar Aceh sehingg mereka selalu terpanggil untuk aksi kemanusiaan.

Selain pelepasan bantuan pangan untuk kemanusiaan, juga akan ada tabligh akbar doa bersama.

Husaini menambahkan untuk tabligh akbar nanti diprediksi akan dihadiri oleh 20 ribu masyarakat yang datang dari berbagai kabupaten dan kota di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Acara dilaksanakan sore ini di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Setelah serangkaian tausiah dari ulama tersebut barulah dilaksanakan pelepasan bantuan yang akan langsung diberangkarkan ke Suriah via Pelabuhan Belawan Medan dan Turki. []

SUMBER: REPUBLIKA | ACT

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline