ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

PBB Peringatkan Bahaya Pembantaian Muslim di Afrika Tengah

Foto: AP
0

REPUBLIK AFRIKA TENGAH—Stephen O’Brien, kepala Urusan HAM PBB dikabarkan telah mengumumkan bencana baru di Republik Afrika Tengah (CAR). O’Brien mngaku telah menyaksikan tanda-tanda genosida sedang terjadi di negara ini, dalam kunjungan terbaru ke CAR, AP melaporkan pada Rabu (23/8/2017).

O’Brien memperingatkan peningkatan kelompok-kelompok bersenjata yang melakukan serangan-serangan terhadap warga Muslim dengan menggunakan alasan sektarian dan etnis.

Republik Afrika Tengah sedang mengalami perang sektarian dari sejak tahun 2013 hingga saat ini.

Setelah mempresentasikan laporan kepada Dewan Keamanan PBB sehubungan dengan hasil kunjungan ke Republik Afrika Tengah, O’Brien melakukan wawancara dengan AP sehubungan genosida di negara ini.

“Dalam kunjungan ke kota Bangasu di tenggara Afrika Tengah yang terlaksana sekitar bulan lalu, saya menyaksikan dua ribu warga muslim terjebak dalam sebuah gereja Katholik setelah melarikan diri dari rumah mereka lantaran dibakar oleh kelompok semi militer Kristen. Kelompok semi militer ini hanya menunggu gerakan meragukan dari mereka dan tak ayal lagi mereka pasti diberondong peluru,” ujar O’Brien.

Menurut pengakuan O’Brien, proses genosida dan pemusnahan etnis di Afrika Tengah benar-benar serius dan PBB harus mencari solusi untuk masalah ini. []

loading...
loading...