Nike Timur Tengah Rilis Iklan Kontroversial

Foto: youtube
0

PERUSAHAAN alat-alat olahraga raksasa dunia, Nike dikabarkan telah merilis sebuah iklan yang memicu kontroversi di Timur Tengah pekan lalu. Iklan ini menampilkan seorang wanita berpakaian tradisional bersama pelatih untuk memakai skateboard dan naik kuda. Iklan ini mengirimkan pesan yang kuat bahwa wanita Arab harus bebas menentang norma-norma sosial.

Iklan Nike Timur Tengah ini dibuka dengan kemunculan seorang wanita berjilbab dengan berpakaian Nike pergi ke luar rumah, Metro melaporkan pada Sabtu (25/2/2017).

Awalnya wanita ini tampak gugup, namun pada akhirnya ia mulai bergerak meski ditatap banyak orang yang lewat. Wanita ini mengenakan jilbabnya saat skateboard di jalan, sementara narator iklan tersebut berbicara dalam bahasa Arab yang berbunyi: “Apa yang akan mereka katakan tentang Anda? Mungkin mereka akan mengatakan Anda melebihi semua harapan. ”

Iklan ini langsung menimbulkan kontroversi di seluruh dunia sejak dirilis pekan lalu. Pasalnya, berolahraga dianggap sebagai hal palig sulit bagi seorang wanita di Timur Tengah. Di Arab Saudi, pendidikan jasmani dilarang di untuk  selutuh gadis di sekolah umum dan tempat aerobik perempuan tetap ilegal di kerajaan, Reuters melaporkan.

iklan Nike, yang telah dilihat lebih dari 1,3 juta views di Youtube sejak diunggah pekan lalu, juga mengundang atlet parkour profesional Amal Mourad yang melompat di atap rumah pinggiran kota kumuh di Dubai. []

loading...
loading...