ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Nagih Utang kayak Pesakitan

0

SUMPAH, gue suka bengong sendiri pada temen gue macam ini. Masa iya gue nagih uang yang gue pinjemin ke doi, eh susahnya sampe bikin gue malu hati. Gimana nggak, coba aja bayangin, gue jadi merasa kayak pengemis tanpa harga diri; gue coba tiap hari mengingati, eh gue dimarahi-marahi. Bukan cuman sampe situ ini stori, doi malah curhat di medsos sana-sini sampe-sampe gue disangka orang nggak punya nurani.

Padahal kan, gue nagih utang ke doi ini bukan tanpa maksud suci. Pertama, gue juga lagi butuh duit, secara setiap orang pan ada masa senang dan masa sulit, nah kebetulan gue lagi terjepit jadi wajar dong kalau gue nanyain duit gue sendiri ke doi, masa cuman karena urusan kek gini gue musti koit?

Kedua, dengan menagih utang, gue juga ngingetin doi bahwa dia punya kewajiban yang musti dia lunasi, yang kalo nggak dia beresin bakal gawat doi punya evaluasi di akhirat nanti. Ya kan man, secara utang itu dibawa mati?

Jadi di sini gue cuman mau mengingatkan ya, cobalah kalau kita emang punya utang, segeralah untuk memudahkan urusan pada orang yang udah mengutangkan. Pikirkan soal dia punya kebaikan, nggak menyulitkan ketika memberikan pinjaman. Dengan cara kita mendahulukan bayar utang, insyaAllah, Allah sang Maha Pencinta akan memberikan kelancaran urusan dan juga rezeki kita lebih dimudahkan.

Kalau kita ogah bayar utang, malah berlagu bego tujuh turunan, yang paling meyakinkan adalah rezeki kita bakal dikurangkan, dan juga bakal disulitkan urusan di lain waktu ketika kita lagi kesulitan.

Kalau memang lagi nggak ada keluangan pas tempo bayar utang, ya baik-baik bilang, dan minta sedikit ditangguhkan. Jika kita bersungguh-sungguh mau bayar utang, Allah SWT niscaya akan memberikan jalan dan kelapangan. Jangan sampe kejadian kita bikin orang yang mau nagih utang jadi kayak pesakitan! []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...