ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Minuman-minuman untuk Penghuni Surga

Foto: Abu Umar/Islampos (ilustrasi)
0 368

Kita pasti seringkali mendengar soal keindahan-keindahan yang ada di dalam surga. Tentunya, setiap dari kita selalu berharap dan berdoa agar menjadi salah satu penduduk surga pada hari nanti.

Dalam Al-Quran telah dijelaskan bahwa ketika kita di surga nanti, kita akan mendapatkan berbagai macam kenikmatan yang tidak kita dapatkan di dunia. Salah satu kenikmatan itu adalah minuman-minuman yang sangat lezat dan menyegarkan.

Telah Allah sediakan minum yang sangat enak, sebagaimana firman-Nya,

(Dikatakan kepada mereka): “Makan dan minumlah kamu dengan enak karena apa yang telah kamu kerjakan”. (QS. Al Mursalat, 77:43).

Adapun macam-macam minuman yang berada di surga itu antara lain:

1. Air Kafur

Air kafur adalah minuman istimewa para penghuni Surga yang mata airnya berasal dari telaga al kautsar, sebagaimana firman-Nya :

“Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur (yaitu) mata air (dalam Surga) yang daripadanya hamba-hamba Alloh minum, yang mereka dapat mengalirkannya dengan sebaik-baiknya.” (QS. Al Insaan, 76:5-6).

2. Air Jahe

“Di dalam Surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe (yang didatangkan dari) sebuah mata air Surga yang dinamakan salsabil.” (QS. Al Insaan, 76:17-18).

3. Khamar

Kita ketahui bersama bahwa khamar adalah minuman yang diharamkan ketika di dunia. Tapi tahukah Anda bahwa kelak di surga, khamar akan halal kita minum dan menjadi salahsatu minuman di dalam surga.

“Diedarkan kepada mereka gelas yang berisi khamar dari sungai yang mengalir, (warnanya) putih bersih, sedap rasanya bagi orang-orang yang minum. Tidak ada dalam khamar itu alkohol dan mereka tiada mabuk karenanya.” (QS. Ash Shaffaat, 37:45-47).

4. Air Susu dan Madu

Air susu dan madu adalah minuman yang tersedia di Surga, berdasarkan firman-Nya :

“(apakah) perumpamaan (penghuni) Surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertaqwa yang didalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring dan mereka memperoleh didalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Robb mereka, sama dengan orang yang kekal dalam Jahannam dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong ususnya?” (QS. Muhammad, 47:15).

Comments
Loading...