islampos
Media islam generasi baru

Milisi Syiah Houthi ‘Hadang’ Ribuan Calon Jemaah Haji Yaman Berangkat ke Baitullah

Foto: Memo
0

YAMAN—Ribuan Muslim Yaman yang ingin menunaikan ibadah haji ke Baitullah tahun ini ‘dihadang’ oleh kelompok milisi Syiah Houthi, kantor berita SABA melaporkan pada Selasa (15/8/2017).

Mukhtar Al-Rabash, selaku Pejabat Kementerian Awqaf untuk Departemen Haji dan Umrah Yaman telah mengonfirmasi akan larangan perjalanan haji warga Yaman ini

“Kelompok milisi Syiah Houthi yang terus berusaha menguasai Yaman telah menyita lebih dari 2.000 calon jemaah haji. Milisi syiah Houthi juga menghalangi keberangkatan ratusan warga yang berada di wilayah kekuasaan mereka,” ungkap Mukhtar Al-Rabash kepada SABA.

Al-Rabash menunjukkan bahwa paspor para calon jemaah haji telah disita di pos pemeriksaan milik milisi Houthi.

“Hal ini telah menyebabkan penundaan jadwal keberangkatan calon jemaah haji Yaman ke Mekah sesuai kesepakatan dengan pemerintah Saudi,” tambah Al-Rabash.

Pejabat Yaman mengecam praktik yang dilakukan milisi Syiah Houthi terhadap para calon jemaah haji. Pejabat Yaman menekankan bahwa calon jemaah haji seharusnya tidak menjadi bagian dari konflik politik antara pemerintah Yaman dan milisi Syiah Houthi. []

loading...
loading...