islampos
Media islam generasi baru

Meski Diancam Ditangkap, Presiden Sudan Tetap Bakal Hadiri KTT Liga Arab

Foto: NDTV.com
0

KHOURTOUM – Presiden Omar al-Bashir akan menghadiri pertemuan puncak Liga Arab di Amman pekan ini. Demikian menurut menteri luar negeri negara tersebut. Padahal, kelompok HAMA mendesak Yordania untuk menolak masuknya pemimpin negara Arab tersebut.

Bashir dicari oleh Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) yang berbasis Den Haag atas tuduhan genosida dan kejahatan perang terkait konflik di Darfur.

“Presiden Omar al-Bashir akan berpartisipasi dalam KTT Arab meskipun jadwalnya padat,” kata Menteri Luar Negeri Sudan Ibrahim Ghandour seperti dilaporkan kantor berita resmi SUNA.

Ghandour mengatakan Bashir menghadiri KTT tahunan Liga Arab karena Raja Yordania Abdullah II bersikeras bahwa dia harus datang.

“Presiden Bashir tidak pernah melarikan diri dari ICC, dan ia akan terus menjalankan tanggung jawabnya,” tegas Ghandour.

Sementara itu, Human Rights Watch yang berbasis di New York, telah meminta Yordania untuk menolak masuknya Bashir atau menangkapnya jika dia datang ke KTT yang dimulai pada hari Rabu ini di dekat Laut Mati.

“Yordania akan menentang kewajiban internasionalnya sebagai anggota ICC jika mengizinkan Bashir datang tanpa menangkap dia,” kata Elise Keppler, direktur ssosiasi keadilan internasional HRW dalam pernyataannya.

Pengadilan Internasional sendiri telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Bashir pada tahun 2009 dan 2010. Namun sejauh ini, Bashir menghindari penangkapan dan membantah tuduhan terkait dengan konflik di Darfur.[fq/islampos]

loading...
loading...