ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Menteri Agama: Kehadiran Pilkada Bukan Pemutus Tali Silaturahim Masyarakat

0

JAKARTA–Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin menyerukan warga ibukota Jakarta untuk menggunakan hak pilihnya di Pilkada putaran kedua Rabu (19/4/2017) besok. Ia menekankan, kehadiran pilkada bukan sebagai pemutus silaturahim antara masyarakat.

“Sekeras, setajam, dan sebesar apa pun perbedaan kita, janganlah sampai memutus tali persaudaraan antar kita hanya karena perbedaan pilihan di pilkada,” kata Lukman di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (18/4/2017).

Menurut Lukman, sudah seharusnya warga Jakarta menyadari adanya perbedaan keragaman, dan pilkada semestinya dapat menjadi ajang pemersatu bangsa.

“Mari kita maknai betul esensi demokrasi itu, sehingga segala perbedaan sebelumnya sudah bisa kita selesaikan karena kita sudah memiliki pemimpin yang baru siapa pun dia,” tutur Lukman.

Karena itu, ia meminta semua pihak menerima dan menghormati hasil pilkada besok, baik itu pihak yang menang maupun yang mendapat suara lebih kecil.

“Pihak yang menang harus berjiwa besar untuk mengayomi dan melindungi semua warganya. Sedangkan bagi yang kalah, termasuk pendukungnya agar bisa legowo, berjiwa besar untuk menerima kekalahannya, dan kemudian mendukung pemenang,” ucap Lukman.

Menag meminta semua pihak menyukseskan pelaksaan pilkada putaran kedua besok agar berjalan lancar dan tertib. Karena itu, ia pun mengimbau semua pihak menahan diri dan tidak melakukan pengerahan massa ke TPS-TPS.

“Kita percayakan kepada petugas yang memang memiliki kewenangan melakukan pengawasan. Jadi tidak perlu mengerahkan masa apalagi secara berlebihan dan demonstratif,” kata Lukman.

Lukman menilai, pengerahan masa justru akan menimbulkan kecemasan dan kekhawatiran yang tidak perlu. “Tidak hanya ormas, kita imbau agar semua umat beragama menahan diri,” katanya. []

Sumber: Republika.

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...