islampos
Media islam generasi baru

Menlu AS Tinggalkan Timur Tengah, Krisis Qatar Masih Belum Usai

Foto: CNN
0

QATAR—Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson dilaporkan telah selesai melakukan tur Timur Tengahnya. Usai melawat ke beberapa Negara Teluk guna meredakan perselisihan di kawasan itu, Tillerson pulang dari Qatar pada Kamis (13/7/2017), CNN melaporkan.

Namun, meski Tillerson telah meninggalkan kawasan belum ada pernyataan resmi soal penyelesaian krisis diplomatik yang melibatkan Qatar dan empat Negara Arab lainnya.

Tillerson juga menolak pertanyaan wartawan setelah bertemu Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani untuk membahas permusuhan Qatar dengan empat negara Arab.

Beberapa Negara Arab memutuskan hubungan dengan Qatar pada 5 Juni lalu atas tuduhan Doha mendanai kelompok radikal dan bersekutu dengan musuh besar mereka, Iran. Tentu Qatar membantah itu semua.

Sebelumnya, pada Rabu (12/7/2017), Tillerson meninggalkan Jeddah, setelah melakukan pembicaraan dengan menlu Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab dan Mesir.

Ia telah menandatangani kesepakatan AS-Qatar tentang melawan tindak terorisme dalam upaya membantu meredakan kemelut di kawasan, namun Saudi Cs mengatakan itu tidak cukup.

“Blokade akan tetap diberlakukan dan 13 tuntutan terhadap Qatar masih sama,” sebut corong pemerintah UEA al-Ittihad seperti dikutip Reuters. []

loading...
loading...