islampos
Media islam generasi baru

Mengapa Lantai Sekitar Ka’bah Terasa Sejuk? Ini Rahasianya

Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: khaleejtimes
0

ARAB SAUDI—Siapapun yang pernah melakukan ibadah umrah atau haji, mungkin bisa merasakan kesejukan di bawah kaki ketika berjalan di sekitar Ka’bah di Mekah.

Mungkin Anda pernah bertanya-tanya tentang alasan mengapa kaki Anda merasa sejuk saat berjalan di Masjidil Haram dan di sekitar Ka’bah suci? Apa yang membuat lantainya sejuk bahkan saat suhu udara di sekitar panas?

Beberapa orang beralasan mungkin rasa sejuk itu muncul akibat adanya pipa air dingin di bawah lantai. Namun alasan ini ternyata tidak benar.

Menurut keterangan dari Kantor Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci, alasan utama di balik rasa sejuk ini adalah dari jenis marmer yang digunakan sebagai lantai. Lantai di sekitar Ka’bah dibuat dari sejenis marmer langka, Thassos yang diimpor dari Yunani.

Dilansir dari Alarabiya, jenis marmer ini memiliki keunikan tersendiri yang bisa mencerminkan sinar matahari dan bisa mengembalikan suhu panas pada siang hari. Hal inilah yang membuat lantai di sekitar Ka’bah terasa sejuk, sehingga bisa memudahkan jamaah saat beribadah. []

loading...
loading...