ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Melepas Tiga Ikatan Setan

Foto: Jendu
0

“Setan membuat tiga ikatan pada tengkuk seorang di antara kalian jika ia tidur. Setan akan memukul setiap ikatan itu (seraya membisikkan), ‘Bagimu malam yang panjang maka tidurlah’. Jika ia bangun seraya menyebut nama Allah (berdzikir), maka terlepaslah sebuah ikatan. Jika ia berwudhu, maka sebuah ikatan yang lain terlepas. Jika ia shalat, maka sebuah ikatan akan terlepas lagi. Lantaran itu, ia akan menjadi bersemangat lagi baik jiwanya. Jika tidak demikian, maka ia akan jelek jiwanya lagi malas.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

DARI pemaparan hadits di atas, kita ketahui bersama bahwa setan membuat tiga ikatan pada diri kita. Dengan izin Allah, kita bisa melepaskan tiga ikatan tersebut dengan melakukan dzikir, wudhu dan shalat ketika bangun dari tidur.

Setan senantiasa mengintai dan mengawasi kita. Bahkan, ia selalu mencari jalan untuk menjauhkan kita dari kebaikan yang telah digariskan oleh Allah SWT dan rasul-Nya. Di antara maker setan, ia membuat buhul pada saat kita tidur agar berta bangun untuk ibadah.

Setelah kita ketahui semua perbuatan setan dari hadits Rasul tersebut, sudah seharusnya kita berjaga-jaga dari perbuatan-perbuatan setan yang terpuruk. Dan wudhu merupakan salahsatu hal yang bisa kita lakukan untuk menghadang perbuatan buruk setan tersebut. Wallahu ‘alam.[]

Sumber: Selamatkan Dirimu dari Siksa Kubur/Karya: H.M Amrin Ra’uf/Penerbit: Diva Press

loading...
loading...