Labelnya Sih Ember Anti Pecah, Nyatanya Masih Bocor Juga

0

Oleh : Susi LW
susiakmal@yahoo.com

BERBICARA soal bocor, kali ini kita tidak sedang membahas masalah air. Tapi yang dimaksud bocor di sini adalah sebuah amanat. Menurut KBBI amanat adalah pesan atau perintah. Suatu beban yang sangat berat ketika kita mendapat amanat dari seseorang, apa lagi amanat itu adalah pesan untuk kita agar menjaga rahasia seseorang yang telah diceritakan kepada kita. Biasanya ini terjadi pada kita yang sering menjadi tempat curhat orang lain. Karena ketika pesan yang diamanatkan kepada kita, otomatis akan menjadi amanah yang harus kita pikul.

Langit, bumi dan gunung-gunung pun sebelumnya diberi amanat, tapi betapa mereka menolaknya hingga manusia yang memikulnya. Seperti yang dijelaskanpada Al-Qur’an, Allah SWT berfirman :

“Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodo,” (Q.s. Al-Ahzab : 72).

Memang berat ketika kita mendapat sebuah amanah, karena sangat mengkhawatirkan jika kita tidak bisa menjaganya dengan kuat dan akhirnya mengkhianati amanah tersebut. Apalagi kita sudah mengetahui sebelumnya bahwa khianat adalah salah satu ciri-ciri orang yang munafik.

“Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga. Jika berbicara ia berbohong, jika berjanji ia ingkar, dan jika dipercaya ia berkhianat,” (HR. Muslim).

Dari ketiga ciri-ciri tersebut, mungkin khianat adalah yang paling berat kasusnya. Karena ketika kita berkhianat akan mendapat sanksi sosial, seperti tidak mendapat kepercayaan lagi dari orang lain. Karena kepercayaan itu ibarat gelas kaca, sekali pecah tidak akan bisa utuh lagi.

Pernahkah melihat label pada ember yang tertulis “Ember Anti Pecah.” Kenyataannya ember tersebut bisa pecah juga, kemudian bocor dan airnya meleber kemana-mana. Jika kita tidak bisa menjaga rahasia orang lain, kita bisa menghindari amanah rahasia tersebut. Karena resikonya adalah dosa kemunafikan. Tapi sangat beruntunglah jika di antara kita adalah orang-orang yang bisa menjaga amanah dengan baik, dan mendapat kepercayaan dari orang lain.

Semoga kita bukan termasuk golongan orang-orang yang berkhianat, dan bukan seperti ember anti pecah yang akhirnya bocor juga. Ya Allah jagalah lisan kami dari perkataan yang buruk, dan baikkanlah segala perkataanku. Hasbunallahwani’malwakil, ni’malmaulawani’mannashir. Cukuplah Allah menjadi penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik pelindung. []

Bekasi

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline