ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Kubu Jokowi Tantang Debat dengan Bahasa Arab dan Tes Baca Al-Quran

0

Advertisements

JAKARTA—Tim Kampanye Nasional (TKN) capres-cawapres Jokowi dan Ma’ruf Amin telah menantang kubu Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno untuk berdebat menggunakan Bahasa Arab dan tes membaca Alquran. Tantangan ini diklaim sebagai tanggapan  terhadap kubu Prabowo yang berencana untuk mengusulkan adanya bagian debat dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Anggota TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Indra Hakim Hasibuan mengatakan, usulan Bahasa Arab dalam debat pilpres, dikarenakan Bahasa Arab adalah salah satu bahasa internasional dan mayoritas rakyat Indonesia beragama Islam.

BACA JUGA: Koalisi Prabowo-Sandiaga Usul Debat Capres-Cawapres Pakai Bahasa Inggris

“Terkait adanya usulan debat Bahasa Inggris kami sangat mendukung. Bahkan, sebaiknya juga debat berbahasa Arab dan tes baca Alquran perlu dilakukan. Mengingat Bahasa Arab juga menjadi salah satu bahasa internasional dan mayoritas rakyat Indonesia beragama Islam, maka bisa sejalan,” kata Indra dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/9/2018).

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PPP itu menuturkan, agar dalam debat Bahasa Arab dan tes baca Alquran adil dan objektif. Nantinya KPU bisa mendatangkan panelis langsung perwakilan dari Arab Saudi dan Mesir.

“Agar fair dan objektif, maka panelisnya bisa dari perwakilan ulama terkemuka ataupun syekh dari Saudi Arabia maupun Mesir,” kata dia.

BACA JUGA: Koalisi Prabowo-Sandi Usul Metode Debat Capres-Cawapres Diubah

Sebelumnya, mitra koalisi pengusung Prabowo-Sandiaga mengusulkan KPU untuk mengubah format debat yang sebelumnya sudah sering digelar dan menggunakan Bahasa Inggris.

“Karena presiden bergaul di dunia internasional, supaya tidak ada mis komunikasi dan salah tafsir dari lawan bicara, ya memang penting juga calon presiden matang dalam menguasai bahasa luar, dari bahasa Indonesia itu,” kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto di Jalan Daksa I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. []

SUMBER: SUARA

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Maaf Anda Sedang Offline