islampos
Media islam generasi baru

Korea Utara Tarik Duta Besarnya di Negara-negara Besar

Foto: The Sun
0

PYONGYANG—Korea Utara memanggil seluruh duta besarnya yang berada di negara-negara besar, guna melakukan pertemuan menyusul situasi yang memanas di Semenanjung Korea.

”Korea Utara menggelar pertemuan kepala misi diplomatik asing setelah memanggil duta besarnya untuk negara-negara besar pulang ke Pyongyang,” kata seorang pejabat pemerintah Korea Selatan yang tidak disebutkan namanya lansir Yonhap, Senin (14/8/2017).

Dubes Korut untuk Cina; Ji Jae-ryong, Dubes Korut untuk Rusia; Kim Hyong-jun dan Dubes  Korut untuk PBB; Ja Song-nam, termasuk yang dipanggil pulang oleh pemerintah Kim Jong-un.

Pemerintah Korea Selatan sendiri mengindikasikan bahwa pemanggilang pulang para Dubes tersebut ke Pyongyang, untuk melakukan pertemuan rutin para dubes untuk menghadapi sanksi ekonomi internasional.

”Korea Utara mengadakan pertemuan ke-43 para duta besar pada bulan Juli 2015 dan (pertemuan terakhir) tampaknya sesuai dengan itu,” kata Kementerian Unifikasi Korea Selatan melalui seorang juru bicara.

Pyongyang belum merilis pernyataan resmi apapun mengenai pertemuan para dubesnya yang dipanggil pulang.

Namun, langkah itu ditenggarai terkait krisis Semenanjung Korea yang terus memanas.

Situasi di Semenanjung Korea memanas setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan rezim Kim Jong-un terlibat perang kata-kata, di mana kedua pihak saling mengumbar retorika perang.

Trump mengancam akan merespons Korea Utara dengan “api dan amarah” jika nekat menggunakan senjata nuklir untuk menyerang Amerika Serikat.

Kubu Pyongyang pun membalas dengan akan menyerang Guam, wilayah AS di Pasifik, dengan empat rudal balistik jarak menengah. []

loading...
loading...