ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

KNRP Kecewa KPI Tidak Lakukan Evaluasi Tahunan Stasiun Televisi

0

JAKARTA–Koalisi Nasional Reformasi Penyiaran (KNRP) menyampaikan hasil evaluasi terhadap kinerja Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat. Salah satu yang menjadi sorotan yakni soal perpanjangan lzin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP).

Pada saat pemberian perpanjangan IPP, dinyatakan bahwa masing-masing stasiun televisi akan dievaluasi secara berkala setiap tahun. KNRP mengungkapkan evaluasi hingga saat ini belum dilakukan KPI Pusat terhadap sepuluh stasiun televisi swasta.

“KPI seharusnya melakukan evaluasi tahunan tersebut. Namun, hingga saat ini kewajiban itu belum dilaksanakan oleh KPI,” ujar anggota KNRP, Eni Maryani saat ditemui Islampos.com di Gedung IASTH, Kampus Universitas Indonesia (UI) Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (19/12).

Akademisi Universitas Padjadjaran ini menyatakan bahwa evaluasi tahunan terhadap sepuluh stasiun televisi swasta yang mendapatkan perpanjangan IPP di tahun 2016, seharusnya dilakukan secara transparan kepada publik di bulan Oktober 2017.

“Aspek yang dinilai saat evaluasi tahunan oleh KPI tersebut antara lain pelaksanaan Sistem Stasiun Jaringan (SSJ) dan kepatuhan terhadap seluruh ketentuan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS),” ungkap Eni.

Selain itu, kata Eni kepatuhan lembaga penyiaran untuk menjalankan fungsinya sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, kontrol dan perekat sosial dalam membangun karakter bangsa serta kesanggupan menjaga independensi dan keberimbangan isu siaran jurnalistik dari pihak eksternal maupun internal termasuk pemilik juga menjadi evaluasi KPI.

“Kemudian, aspek lain yang seharusnya menjadi evaluasi KPI yakni kesanggupan menjaga independensi dan keberimbangan terkait penyelenggaraan Pemilu, kesanggupan melaksanakan penayangan yang menghormati ranah privat dan pro justitia, serta perlindungan dan pemberdayaan khalayak khusus sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” pungkasnya. []

Reporter: Rhio

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...