ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Kembangkan Ekonomi Umat, ICMI Gagas Pendirian Bank Wakaf Ventura

Foto: Republika
0

JAKARTA—Menjawab berbagai problem umat akhir-akhir ini, Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) menggagas pendirian Bank Wakaf Ventura.

Lembaga tersebut merupakan keuangan syariah dalam bentuk perusahaan “Modal Ventura Syariah” yang tidak bertujuan untuk keuntungan perusahaan, tetapi untuk keuntungan masyarakat, yang diberi nama Bank Wakaf Ventura Indonesia.

“Umat Islam harus mendapat perhatian dengan mengembangkan ekonomi mereka. Dalam Islam ada ajaran wakaf yang dapat dikembangkan untuk kesejahteraan umat. ICMI menggagas pendirian bank wakaf yang sudah disiapkan oleh Tim dan kami sudah konsultasikan dengan presiden, beliau menyambut baik”, kata Jimly Ash-Shiddiqie, Ketua Umum ICMI, lansir Bimas Islam, Rabu (24/1/2017).

Lebih lanjut Jimly mengatakan bahwa perusahaan ventura ini diyakini akan tumbuh dengan cepat mengingat potensi wakaf di Indonesia yang sangat besar, baik wakaf benda tidak bergerak maupun benda bergerak berupa uang, saham, dll.

“Kami yakin bank wakaf ini akan berkembang pesat karena potensi aset wakaf di Indonesia yang cukup besar. Ini akan menjembatani kesenjangan akses permodalan bagi pengusaha kecil dan menengah yang selama ini belum tersentuh secara maksimal oleh layanan kredit perbankan (konvensional maupun Syariah)”, katanya dengan penuh semangat.

Menurutnya, kita perlu mengumpulkan dana awal sebagai syarat pendirian lembaga ini, khususnya meminta kepedulian dari para pengusaha nasional terhadap program ini. Dana awal tersebut, katanya, akan dikelola secara profesional sesuai prinsip syariah dengan keuntungan yang akan diberikan kepada mauquf ‘alaih (penerima manfaat), yaitu umat Islam yang bernaung dalam Ormas-ormas Islam.

“Nanti Ketua Ormas Islam diberi kesempatan dalam penentuan SDM, kebijakan pengelolaan, dan penyaluran manfaat untuk pemberdayaan ekonomi, dakwah, pendidikan, dan kesejahteraan umum lainnya. Intinya program ini adalah pemberdayaan Ormas Islam. Sementara BWI dan BAZNAS sebagai pemegang saham pengendali”, tuturnya.

Bank Wakaf Ventura ini juga akan ditopang oleh sekolah enterpreneurship melalui program TOT yang dikelola oleh ICMI sebagai jejaring dengan berbagai lembaga usaha, termasuk BUMN.

Sedangkan dari asepek manajemen resiko, pengelolaan aset Bank Wakaf Ventura akan dilakukan dengan sistem penjaminan asuransi Syariah yang lazim dilakukan oleh perusahaan ventura untuk memastikan keamanan dana yang berasal dari aset wakaf. []

loading...
loading...